Usai pembekalan peserta seleksi Penganugrahan Pangeran Dan Puteri Lingkungan Hidup 2018, sebagian peserta langsung tancap gas untuk menggarap masing-masing proyek lingkungan hidup seperti dari SDN Sememi I Surabaya, Senin (9/4). Rencana realisasi proyek lingkungan hidup sudah disiapkan mulai dari hidroponik, pengolahan sampah organik, pemanfaatan sampah plastik, pemanfaatan limbah encek gondok dan olahan Toga.

Inovasi dan meningkatkan kepedulian warga sekolah menjadi tujuan utama dari setiap proyek yang diangkat oleh tiap – tiap peserta. Keseluruhan peserta mengajak keluarganya untuk terlibat dalam proses pembuatan dan sosialisasi proyek lingkungan hidup. Mamik Sri Utami, guru kelas V dan pembina kader lingkungan hidup SDN Sememi I, menuturkan akan mengadakan pertemuan dengan wali murid yang menjadi peserta Seleksi Pangeran Dan Puteri Lingkungan Hidup untuk mengajak berpartisipasi.

Guru yang akrab disapa “Bu Mamik” berharap tahun ini bisa mengulang keberhasilan mencapai finalis. “Semoga tahun ini ada anak didik dari SDN Sememi I bisa jadi juaranya. Kami akan lebih giat lagi dalam mengedukasi dan memotivasi siswa serta wali murid yang menjadi peserta,” imbuhnya. Beberapa persiapan juga sudah dikebut seperti menyiapkan media komunikasi presentasi guna persiapan seleksi tahap pertama.

Meski seleksi tahap pertama masih dua pekan lagi, peserta Seleksi Pangeran Dan Puteri Lingkungan Hidup perwakilan SDN Sememi I Surabaya punya cara sendiri untuk menyiasati hal tersebut. “Tadi kami sedang bergantian mempresentasikan proyek lingkungan hidup kami masing-masing. Saya menjelaskan hidroponik dan teman saya menjelaskan pengolahan sampah, ada juga yang menjelaskan cara memanfaatkan tanaman enceng gondok,” ujar Rivaldy Excel, siswa kelas V yang mengusung proyek.

Sebanyak 15 siswa telah terdaftar menjadi peserta Seleksi Penganugrahan Pangeran Dan Puteri Lingkungan Hidup. Minarti, Kepala SDN Sememi I Surabaya, sangat mendukung kegiatan pelestarian lingkungan hidup khususnya Pemilihan Pangeran Dan Puteri Lingkungan 2018. Karena dinilai sangat bermanfaat dan mengedukasi siswa-siswinya. “Semoga SDN Sememi I bisa juara amin,” imbuh kepala sekolah suka dengan nuansa hijau alam dari pepohonan. (One)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *