Menyambut peringatan Hari Bumi pada bulan April, SDN Morokrembangan I Surabaya menyiapkan kegiatan bazar ecopreneur dan lomba-lomba bertemakan Hari Kartini juga yang dikemas ramah lingkungan. Persiapan demi persiapan telah dilakukan antara lain pengumpulan modal dari sampah sampai panen kompos dari keranjang komposter, Jumat (6/4). Tidak lepas juga pembuatan produk unggulan yaitu es markisa.

Sedikit terkumpul kardus bekas 120 Kilogram, 28 Kilogram jelantah dan 4 box kertas bekas berkat partisipasi warga sekolah. Menurut Ribut Widarsih, kepala SDN Morokrembangan I, menyatakan akan selalu mendukung kegiatan lingkungan hidup di sekolah maupun berpartisipasi di luar. “Selain dapat membantu menambah wawasan dan mengarahkan perilaku warga sekolah agar lebih memerhatikan kondisi lingkungan, sekaligus untuk meningkat minat calon didik baru untuk sekolah disini,” imbuhnya.

Green Morsa Company adalah nama tim Eco Preneur SDN Morokrembangan 1 yang dibina oleh Era Budi Waluyo, salah seorang guru. “Sejauh ini telah terkumpul laba Rp. 525.000 dari penjualan produk Eco Preneur di sekolah dan sekitarnya,” tuturnya guru yang telah menjadi pembina kader lingkungan sejak 2016. Produk Eco Preneur Green Morsa Company meliputi olahan buah markisa menjadi es serta jely markisa. Tak ketinggalan pemanfaatan sampah menjadi hasta karya seperti gantungan kunci dan bros.

Olahan buah markisa menjadi es dan jely merupakan produk unggulan. Setiap kali bazar atau penjualan dikantin selalu laris manis. “Segelas es markisa cuman Rp. 2.000 Kak. Murah dan sehat,”  tutur Dyah Ayu, siswa kelas V A. Setiap kali terdapat penjualan atau bazar, siswi yang akrab disapa Dyah selalu giat mempromosikan produknya ke warga sekolah melalui pengeras suara dan keliling ke kelas kelas. “Kalau tidak habis pagi hari, siang hari kami titipkan ke kantin,” sahut Era, pembina kader lingkungan.

Pembina kader lingkungan yang akrab disapa “Pak Era” berharap kelak  salah satu produk unggulannya bisa dipasarkan lebih luas lagi minimal bisa melayani pembelian vie sosial media.”Itu kami berharap bisa jualkan produk ke sosial media, ecommerce maupun bazar-bazar yang lebih besar lagi,” ungkap Era. Selain itu, harapannya produk Eco Preneur seluruh konsumen dapat menjadi konsumen yang pintar dan peduli terhadap lingkungan. (One)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *