Aksi bersih-bersih sampah mewarnai pelaksanaan Lomba Pementasan Boneka Tangan “Kantin Sekolahku Zero Waste” yang diselenggarakan Tunas Hijau bersama PT Dharma Lautan Utama dan Pemerintah Kota Surabaya, Minggu (18/2/2018).

Aksi ini dilakukan oleh masing-masing tim peserta lomba yang diselenggarakan dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional 2018 dan HUT PT Dharma Lautan Utama itu di Taman Flora Bratang Surabaya. Dalam melakukan aksi bersih-bersih sampah, masing-masing anggota tim peserta melibatkan boneka tangan yang digunakannya dalam lomba.

“Aksi bersih-bersih sampah di Taman Flora Bratang Surabaya ini merupakan bagian dari realisasi zero waste oleh masing-masing tim peserta lomba,” kata Aktivis Senior Tunas Hijau Bram Azzaino. Jadi, peserta tidak hanya dituntut untuk berkampanye saat pementasan lomba .

Masing-masing tim peserta lomba ini juga diajak untuk merealisasikan upaya pengurangan sampah dari penggunaan kemasan makanan dan minuman yang bisa digunakan berulang kali. “Alhamdulillah banyak tim peserta yang konsumsinya menggunakan kemasan berulang kali pakai,” tambah Aktivis Senior Tunas Hijau Mochamad Zamroni.

Lomba Pementasan Boneka Tangan “Kantin Sekolahku Zero Waste” itu diikuti oleh 42 tim peserta. Mereka berasal dari 22 sekolah dasar Surabaya dan 1 sekolah dasar Pasuruan. Sekolah dasar Pasuruan yang ikut serta ialah SDN Gambiran I Pasuruan dengan 3 tim peserta.

Sedangkan 22 sekolah dasar Surabaya yang menjadi peserta adalah SDN Ngagel I, SDN Banjarsugihan V, SDN Tanah Kalikedinding I, SDN Jambangan I, SDN Pacar Keling V, SDK Santa Theresia I. SDN Babatan IV, SDN Bubutan IV, SDN Kaliasin VII, SDIT Al Uswah, SDN Ujung V, dan SDN Sidotopo Wetan IV.

Sekolah lainnya adalah Madrasah Ibtidaiyah Negeri Medokan Ayu, SDN Kedung Cowek I, SDN Karah I, SDN Made I, SDN Karah III, SDN Kaliasin I, SDN Babatan I, SDN Airlangga I dan SDN Ujung IX.

Sedangkan dewan juri lomba ini adalah para pembina lingkungan hidup Tunas Hijau. Mereka adalah Eko Widayani guru seni SMPN 26, Andajani guru Bahasa Indonesia SMPN 40 Surabaya dan Nunis Indah penggiat pendidikan anak marjinal. (ron)

Keterangan foto: Tim peserta Lomba Pementasan Boneka Tangan bersih-bersih sampah di Taman Flora Bratang dengan boneka tangan 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *