Belanja dengan menggunakan tas belanja yang awet non plastik sering dilakukan oleh Sharfina Armalia Hirzi, siswa SDN Kaliasin I Surabaya peraih penghargaan Walikota Surabaya Eco Student (Elementary) of the Year 2017. Tidak terkecuali saat belanja busana di department store.

Kalau belanja kebutuhan sehari-hari, Sharfina mengaku juga menggunakan tas belanja non kresek dari rumah. “Kalau pas saya dan mama lupa bawa tas belanja sendiri, kami biasanya mengemasnya menggunakan kardus bekas yang disediakan gratis di supermarket,” kata Sharfina yang lahir di Surabaya, 19 Januari 2006 ini.

Baginya, Surabaya Eco School sangat berkesan. Bukan hanya karena melalui program lingkungan hidup tahunan bagi sekolah-sekolah Surabaya ini dia mendapatkan penghargaan dari Walikota Surabaya Tri Rismaharini.

“Saya dan teman-teman tim lingkungan hidup SDN Kaliasin I Surabaya menggelar aksi grebek pasar tradisional di Pasar Genteng minimal sekali tiap pekan selama Surabaya Eco School 2017,” terang gadis penghobi menyanyi, mendengarkan musik, dance dan berenang ini.

Saat grebek pasar tradisional itu, mereka mengedukasi pedagang dan penjual pasar itu untuk peduli sampah. “Diantaranya dengan menggunakan tas belanja yang bisa digunakan berulang kali. Kami juga mengajak pedagang dan pembeli menjaga kebersihan pasar agar merasa betah. Sebagian sampah organiknya kami kumpulkan untuk diolah menjadi kompos di sekolah,” jelas Sharfina.

Bisa panen kompos dari lubang resapan biopori di Hotel Novotel Surabaya juga pengalaman berkesan bagi Sharfina selama Surabaya Eco School 2017. “Kompos yang kami panen itu berasal dari lubang resapan biopori yang kami buat dengan sampah organik yang juga kami isikan beberapa bulan sebelumnya di Novotel,” ujar Sharfina.

Kompos yang dia panen itu langsung dicampur dengan tanah untuk media tanam tanaman pertanian. “Aksi panen kompos biopori dan urban farming di Novotel itu dalam rangka Hari Pangan Sedunia 2017,” tutur Sharfina Armalia Hirzi, yang tinggal di Jalan Gayungan I Elok ini. (ron)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *