Pada tahun 2018 ini, Tunas Hijau bersama Pemerintah Kota Surabaya kembali akan menggelar Penganugerahan Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup. Program yang kali pertama dilaksanakan pada 2002 ini kembali akan mengajak siswa Sekolah Dasar, maaf hanya Surabaya, untuk peduli lingkungan hidup dengan aksi nyata berkelanjutan.

Penganugerahan ini bukanlah lomba kecantikan dan ketampanan bagi anak-anak. Peserta lomba ini adalah individu. Melalui program ini, anak-anak diajak peduli lingkungan hidup dengan membuat proyek lingkungan hidup dan menerapkan perilaku ramah lingkungan hidup dalam kehidupan sehari-hari.

Proyek lingkungan hidup yang dimaksud adalah aksi dan solusi dari adanya permasalahan lingkungan hidup yang terjadi di sekitar. Jadi, yang dimaksud proyek lingkungan hidup bukanlah rencana aksi, melainkan aksi yang telah dilakukan dan akan terus dilakukan mengatasi masalah lingkungan hidup yang terjadi di sekitar.

Diantara proyek lingkungan hidup yang bisa dibuat oleh calon peserta, seperti halnya proyek lingkungan hidup peserta tahun 2017 lalu, adalah adopsi kampung binahong dan adopsi kampung daun Afrika. Pada proyek ini, peserta mengajak warga sedikitnya satu kampung untuk menanam tanaman tersebut di pekarangan rumah masing-masing. Masyarakat juga diajak untuk memanfaatkannya.

Sedangkan perilaku ramah lingkungan hidup yang disyaratkan kepada peserta program penganugerahan ini adalah membawa dan menggunakan wadah makanan dan minuman yang bisa berulang kali pakai. Tujuannya, jumlah sampah kemasan makanan dan minuman bisa diminimalkan di sekitar kita.

Pada Penganugerahan Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup 2017 lalu, Muhammad Caisar dari SDN Kaliasin I Surabaya terpilih sebagai pangeran lingkungan hidup 2017. Devina Syafa Vellisa terpilih sebagai putri lingkungan hidup 2017. Caisar melaksanakan proyek budidaya dan pemanfaatan tanaman kelor. Sedangkan Devina melaksanakan proyek adopsi kampung binahong. (ron)

Keterangan foto: Pangeran Lingkungan Hidup 2017 Caisar dan Putri Lingkungan Hidup 2017 Devina bersama General Manager Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya Sugito Adhi

One thought on “Penganugerahan Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup 2018 Siap Digelar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *