Awal semester genap, SMPN 11 Surabaya mengawalinya dengan panen kompos. Rupanya sudah menumpuk sejak awal liburan semester ganjil. Kebetulan Eco Mobile PJB juga melakukan kunjungan pemantauan program lingkungan hidup. Bersama Tunas Hijau berbagi kiat-kiat panen pupuk kompos dengan kader lingkungan hidup SMPN 11 atau sering disebut kelompok Greenlas  Surabaya bersama Eco Mobile PJB, Kamis (4/1).

Musim penghujan membuat kompos seringkali basah sehingga perlu di angin-anginkan atau dijemur agar mudah untuk diayak. “Ketika sudah tidak basah nanti langsung diayak di ayakan pasir yang biasa digunakan pekerja bangunan,” imbuh Satuman, aktivis Tunas Hijau. Selain sebagai aktivis lingkungan hidup, Satuman mengingatkan untuk seluruh hasil panen harus dipilah mana yang dikemas atau langsung dimanfaatkan dan dijadikan stater untuk pengomposan berikutnya.

Menurut Suminah, pembina kader LH SMPN 11 Surabaya, setelah liburan memang kegiatan lingkungan di sekolah hampir tidak ada. Sehingga pekerjaan lingkungan seperti panen kompos organik belum dilaksanakan sampah sekarang. “Untungnya Tunas Hijau bersama Eco Mobile PJB membantu membagikan kiat-kiat panen kompos,” tutur pembina LH sekaligus guru bidang study matematika.

SMPN 11 merupakan salah satu sekolah yang meraih penghargaan sebagai sekolah Adiwiyata Mandiri pada tahun 2017 dan Sekolah Terbaik IV di Surabaya Eco School 2017. Tak heran jika banyak sekali kegiatan lingkungan hidup di sekolah. Selain panen kompos, Anik Sriyani sebagai Wakil Kepala Kurikulum SMPN 11 ikut memaparkan salah satu rencananya di tahun 2018, yaitu budidaya tanaman dengan hidroponik.

“Nanti kami akan jadikan hidroponik menjadi ujian praktek untuk kelas IX. Sehingga tidak hanya pengetahuan atau sekedar teori tapi anak-anak bisa pratek, syukur-syukur bisa ikut merasakan panen. Hal ini bisa mendidik mereka lebih mandiri dan lebih punya wawasan yang bermanfaat di lingkungannya,” tutur  guru yang akrab disapa “Bu Anik”. (One)

Keterangan Foto :

PANEN : Satuman, aktivis Tunas Hijau berbagi kiat-kiat panen kompos dengan kader lingkungan hidup SMPN 11 Surabaya bersama Eco Mobile PJB, Kamis (4/1).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *