Hari pertama masuk sekolah setelah liburan panjang semester  ganjil dimanfaatkan oleh Kepala SDN Kedung Cowek I, Sukarti, untuk mengulas kembali budaya peduli lingkungan hidup di sekolahnya. Terbuktinya sedikitnya 50 siswa kelas IV dan V mendapatkan sosialisasi pengolahan sampah organik dengan menggunakan tong komposter aerob di sekolah, Senin (2/1). Tak hanya siswa, banyak diantaranya guru wali kelas juga mengikuti kegiatan tersebut.

Sukarti mengungkapkan tong komposter aerob didapat dari bantuan yang diberikan Dinas Kebersihan Dan Ruang Terbuka Hijau Kota Surabaya. Sebanyak 4 tong komposter aerob akan dimaksimalkan fungsinya untuk mengolah sampah organik baik yang ada di lingkungan sekolah maupun pasar tradisional sekitar sekolah. Apalagi di lingkungan sekolah cukup banyak pepohonan sehingga banyak sampah dedaunan.

Siti Indayati, pembina LH SDN Kedung Cowek I, menambahkan kalau tujuan sosialisasi ini untuk mengenalkan tong komposter aerob beserta mengingatkan kembali tentang kebiasaan mengolah sampah organik. Karena banyak kader lingkungan yang bertanya-tanya  mengenai tong komposter aerob. “Sekarang kami tidak kebingungan untuk menampung sampah organik dari grebek pasar karena memiliki banyak tong komposter,” terang guru kelas VI.

Eco Mobile PJB menjadi media komunikasi untuk mensosialisasikan pentingnya mengolah sampah organik dan menerangkan fungsinya tong komposter aerob. Pada warga SDN Kedung Cowek I. Eco Mobile PJB merupakan program edukasi lingkungan hidup keliling yang menjadi bagian dari program CSR PT. PJB. Berkeliling mengedukasi dan mengajak untuk lebih peduli lingkungan hidup ke sekolah, kampung, pondok maupun komunitas.

Satuman, salah satu aktivis Tunas Hijau, mengajak warga sekolah untuk lebih giat dalam mengurusi pengolahan sampah. Karena harusnya SDN Kedung Cowek I mampu menjadi salah satu sekolah yang Zero Waste di Kota Surabaya, sehingga bisa menjadi sekolah kebanggaan kita semua. “Zero waste bisa ditandai dengan kantin sekolah yang tanpa plastik dan sehat,” terangnya. (One)

Keterangan Foto = ON THE SPOT : Siswa-siswi SDN Kedung Cowek I mendengarkan sosialisasi pengolahan sampah organik menggunakan tong komposter aerob dari aktivis Tunas Hijau, Satuman bersama Eco Mobile PJB.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *