Memungkasi program lingkungan hidup Surabaya Eco School 2017, SDN Kedung Cowek I Surabaya akan menggelar aksi bersih-bersih pantai. Aksi ini akan digelar di pantai sekitar Jembatan Suramadu Surabaya pada Sabtu (2/12/2017).

Guru pembina lingkungan hidup SDN Kedung Cowek I Surabaya Indawati menjelaskan bahwa Bersih-Bersih Pantai Area Jembatan Suramadu Surabaya ini akan melibatkan 1650 orang. Jumlah orang sebanyak itu terdiri dari siswa, guru, tenaga kependidikan dan orang tua/wali murid.

“Ide awal kegiatan bersih pantai area Jembatan Suramadu Surabaya ini atas inisiatif Kepala SDN Kedung Cowek I Surabaya Ibu Sukarti,” kata Indawati. Rumah Sukarti di Bulak Banteng dan akses jalan menuju ke sekolah melewati jalan di dekat pantai area Jembatan Suramadu.

Beragam jenis sampah plastik banyak dijumpai di Pantai Suramadu Surabaya

“Beliau menyampaikan ke saya tolong sampaikan ke Tunas Hijau untuk bersih pantai tahun depan kalau bisa di area Jembatan Suramadu. Sebab kondisi area sekitar Jembatan Suramadu lebih kotor,” terang Indawati.

Menurut Indah, panggilan Indawati, ide Sukarti untuk aksi bersih-bersih pantai itu disampaikan dalam forum rapaf guru dan disetujui forum. “Hal ini sekaligus untuk mengajak orang tua dan khususnya masyarakat yang ada di sekitar pantai Suramadu untuk sama-sama menjaga lingkungan,” lanjut Indah.

Kondisi Pantai Suramadu Surabaya

Aktivis Senior Tunas Hijau Satuman menyambut baik rencana bersih-bersih pantai yang digagas SDN Kedung Cowek I ini. “Gak semua sekolah bisa dan mau. Harusnya sekolah lain ikut berpartisipasi. Minimal guru sekolah lain ikut. Tapi sayang, sekarang kondisinya masih penilaian akhir semester dan guru sibuk ngurusi nilai,” ujar Satuman. (ron)

Keterangan foto utama: Guru-guru SDN Kedung Cowek I Surabaya saat survei kondisi Pantai Suramadu Surabaya

One thought on “1650 Orang Warga SDN Kedung Cowek I Akan Bersihkan Pantai Suramadu (2/12)

  1. Sampah didominasi bungkus plastik minuman dan makanan. Kondisi di sekitar pantai memang tidak tersedia tempat sampah sama sekali. Menyediakan tempat sampah di area sekitar Suramadu menjadi salah satu alternatif untuk meminimalisasi sampah di pantai, mengingat jembatan Suramadu dan area di sekitarnya menjadi lokasi kunjungan wisatawan dari dalam dan luar kota Surabaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *