Lomba Yel-Yel “Zero Waste” Surabaya Eco School 2017 yang akan digelar Sabtu, 4 November 2017 (SD) dan Minggu, 5 November 2017 (SMP) bukan hanya entertainment atau hiburan, tidak juga sekedar kompetisi. Tapi, lomba yang didukung oleh PT Dharma Lautan Utama ini, juga adalah pesta kader lingkungan hidup bertema nol sampah kemasan makanan dan minuman sekali pakai.

Lomba ini juga akan menjadi gerakan bebas sampah kemasan makanan dan minuman sekali pakai. Yaitu aksi yang melibatkan ribuan warga sekolah Surabaya untuk berkumpul di tempat yang sama selama beberapa jam, tetapi tidak menghasilkan sampah non organik.

Pada pelaksanaan Lomba Yel-Yel Lingkungan Hidup Surabaya Eco School 2016, realisasi zero waste hanya sekedar himbauan. Pada pelaksanaan Lomba Jingle Lingkungan Hidup Surabaya Eco School 2016, realisasi zero waste sudah masuk penilaian dan menggugurkan kandidat juara yang tidak merealisasikan zero waste dari wadah makanan minumannya.

Pada pelaksanaan Lomba Yel-Yel “Zero Waste” Surabaya Eco School 2017 yang akan digelar di Taman Flora Bratang Surabaya ini, realisasi “zero waste” akan menjadi penilaian utama. Penampilan tim yang bagus dijamin akan rontok bila timnya tidak mengunakan wadah makan dan minum anggota tim yang bisa digunakan berulang kali pakai.

SDN Kapasan III Surabaya sudah menyiapkan tepak makanan untuk wadah konsumsi tim yel-yel lingkungan hidup mereka. Sekolah yang dikepalai Solikin ini membeli khusus tepak makan sejumlah 25 orang anggota tim yel-yel mereka. Pemandangan ini didapati Tunas Hijau saat pembinaan dan pemantauan Surabaya Eco School 2017 di sekolah ini, Rabu (1/11/2017).

Sementara itu, ada alternatif realisasi sederhana zero waste yang juga bisa dilakukan tim sekolah peserta lomba yel-yel. Yaitu dengan mengajak semua anggota tim yel-yel sekolah untuk makan dan minum di foodcourt yang ada di sekitar Taman Flora Bratang Surabaya. (ron)

Keterangan foto: Kepala dan guru SDN Kapasan III Surabaya dengan tepak makanan yang siap digunakan oleh tim yel-yel “zero waste” mereka

One thought on “Jangan Lupa Tepak Makanan dan Botol Minuman untuk Seluruh Anggota Tim Yel-Yel

  1. Tim Yel-yel Lingkungan Si Cilung Spenforty SMPN 40 Sby. Siap beaksi yel-yel di Pendopo Taman Flora dan paling siap mewujudkan program zero waste. Kami telah menyiapkan ‘taman’ (tempat makan minum mandiri) yang telah disiapkan oleh pesertanya masing-masing. Karena program zero waste bukan sekedar ‘omong kosong’ bagi para pejuang/pahlawan lingkungan yang sejati, tapi harus dibuktikan dengan aksi nyata dalam kehidupan sehari-hari di mana pun berada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *