Kantin SDN Jambangan I Surabaya tidak lagi bebas sampah plastik atau non organik kemasan makanan dan minuman sekali pakai. Kondisi ini didapati Tunas Hijau saat melakukan pembinaan dan pemantauan program lingkungan hidup Surabaya Eco School 2017 yang diselenggarakan Tunas Hijau bersama Pemerintah Kota Surabaya, Selasa (10/10/2017).

“Kantin SDN Jambangan I sebelumnya bebas sampah plastik kemasan makanan minuman sekali pakai. Minuman yang dijual di kantin sekolah sebelumnya selalu dikemas dengan menggunakan gelas yang bisa digunakan berulang kali,” kata Aktivis Senior Tunas Hijau Mochamad Zamroni kepada kepala SDN Jambangan I Misiyem, guru pembina lingkungan hidup dan penjual kantin di ruang kepala sekolah.

Penjual kantin menyampaikan alasannya bahwa selama ini banyak siswa yang memilih membeli makanan dan minuman dengan kemasan sekali pakai di luar pagar sekolah saat istirahat.

Tim yel-yel lingkungan hidup SDN Jambangan I Surabaya sedang berlatih saat Tunas Hijau melakukan pembinaan Surabaya Eco School 2017

“Siswa perlu diberi penjelasan alasan minimalisasi makanan dan minuman sekali pakai. Diantaranya untuk mengurangi sampah non organik. Sebab pengolahan sampah non organik memang harus dimulai dengan minimalisasi produksi sampah. Tidak hanya dilarang,” saran Zamroni.

Kepala SDN Jambangan I Misiyem yang baru sekitar 3 pekan bertugas di sekolah tersebut menyampaikan kesanggupannya untuk kembali menjadikan kantin SDN Jambangan I bebas sampah kemasan makanan dan minuman sekali pakai. “Kami akan kembali merealisasikannya,” kata Misiyem.

Sementara itu, budidaya sayuran dengan hidroponik nampak baru beberapa pekan menghiasi sekolah itu. “Kami membuat sendiri hidroponik ini Kami mencontoh modelnya dari yang sudah ada. Namun, sepertinya perlu dipindah ke tempat yang lebih banyak mendapatkan sinar matahari,” kata Estiningwati, guru pembina lingkungan hidup SDN Jambangan I. (ron)

Keterangan foto utama: Hidroponik buatan sendiri SDN Jambangan I Surabaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *