Ada Gareng, Petruk dan Semar, ketiga tokoh punakawan tersebut terlihat hadir diantara puluhan ribu orang yang menutupi pasir Pantai Kenjeran Surabaya. Kehadiran mereka bukan untuk pentas wayang orang, melainkan ikut aksi Bersih-Bersih Pantai yang akrab disebut watu-watu Nambangan. Kegiatan massal yang diikuti oleh 16.632 orang warga Surabaya teridir dari sekolah dasar, SMP/MTs, SMA/SMK, Perguruan Tinggi Negeri/Swasta hingga berbagai komunitas di kota Pahlawan.

Kehadiran tokoh yang identik dengan pewayangan ini mampu menarik perhatian dari peserta aksi Bersih-Bersih Pantai. Adalah SDN Bubutan IV, sekolah dibalik kostum tokoh pewayangan dan ada pula beberapa superhero seperti captain Amerika dan Wonder Women. Berkat ide cemerlang yang digagas oleh salah seorang guru, sekolah yang terletak di daerah Jalan Semarang depan Kampung Ilmu ini didapuk sebagai sekolah dengan kostum terunik saat Bersih-Bersih Pantai.

Kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Tunas Hijau bersama dengan Pemerintah Kota Surabaya, komunitas Bicara Surabaya, PDAM Surya Sembada dan Mercure Grand Mirama Hotel ini memang sudah dinantikan oleh Yohana Permana, guru pembina lingkungan SDN Bubutan IV. Menurutnya, agenda tahunan ini menjadi salah satu agenda kegiatan lingkungan yang diminati oleh anak-anak dan guru-guru, selain lomba yel-yel lingkungan.

Ide awalnya adalah saat mengetahui adanya penghargaan yang dibagikan dalam kegiatan Bersih-Bersih Pantai Kenjeran, salah satu tercetuk ide untuk memakai kostum tokoh pewayangan, superhero dan siswapun ada yang memakai pakaian tradisional. “Selain kami memang mengincar penghargaan dari Walikota Surabaya untuk kostum terunik, pesan khusus kami adalah ingin mengajak anak-anak generasi muda untuk cinta budaya dan lingkungan sekitarnya,” ucap Yohana.

Tidak hanya tokoh wayang saja, captain Amerika dan wonder woman terlihat cekatan mengambil sampah dan dimasukkan ke dalam glangsing. Poster bertuliskan “Take Care of Kenjeran Beach and It Will Take Care of You” yang dibawa mengajak peserta bersih-bersih menjaga kebersihan Pantai. “Ini semua demi kelangsungan hidup generasi di bawah kita semua, satu sampah plastik yang terbuang di laut sangat mengancam kehidupan biota laut,” ucap Elly, salah satu guru yang berkostum wayang.

Kegiatan yang diselenggarakan setiap pekan ketiga September ini juga didukung oleh Java Paragon Hotel and Residence, Hotel Darmo, Hotel Tab Surabaya dan Hotel Tab Capsule Surabaya. (ryn)

Keterangan Foto : Ada gareng, petruk dan semar, ketiga tokoh punakawan tersebut terlihat hadir diantara puluhan ribu orang yang menutupi pasir Pantai Kenjeran Surabaya bersama dengan superhero lainnya yakni Captain Amerika dan Wonder Woman, Minggu (24/09)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *