Sekolah Adiwiyata Nasional dan juga juara Surabaya Eco School SDN Kaliasin I (Kalsa) Surabaya menggelar aksi tebar benih ikan dalam rangka Hari Pramuka ke-56 dan HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72. Aksi tebar benih ikan itu digelar di Sungai Kalimas dari Taman Prestasi Surabaya, Kamis (10/8/2017).

Jumlah ikan yang ditebar sekitar 15.000 ekor. Jenis ikannya beragam. Ada ikan nila emas, sepat, patin, lele, bandeng, mujaer, dan jenis yang lainnya. “Ikan-ikan itu dibawa oleh masing-masing anggota Pramuka Gugusdepan kami dari rumah masing-masing,” ujar Kamabigus 363-364 yang juga kepala SDN Kaliasin I Surabaya Sujilah. Pangeran dan Puteri Lingkungan Hidup 2016 dan 2017 juga turut serta mendampingi pelaksanaan aksi tebar benih ikan itu.

Sujilah menjelaskan bahwa aksi lingkungan hidup untuk mengajak individu anggota gugusdepannya peduli lingkungan hidup. “Bahwa sebagai anggota Pramuka, kami juga harus peduli lingkungan hidup dengan aksi nyata sesuai Darma kedua yaitu Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia,” kata Sujilah.

Aktivis Senior dan Presiden Tunas Hijau Mochamad Zamroni yang hadir pada aksi itu sangat mengapresiasi aksi lingkungan hidup itu. “Aksi ini adalah salah satu bentuk pengenalan ekosistem sungai kepada peserta didik. Dengan aksi ini mereka jadi lebih mengenal keadaan sungai yang ada di sekitar mereka,” kata Zamroni, yang juga andalan urusan lingkungan hidup Kwarda Jatim.

Fenomena banyaknya ikan yang mendadak mati dalam wadah sementara sebelum penebaran benih ikan itu ke sungai ditanggapi Zamroni. Menurutnya, hal itu karena terbatasnya oksigen. “Kita juga harus memastikan oksigen di sungai cukup buat ikan dan biota lainnya. Caranya dengan memastikan aliran sungainya lancar dan tidak membiarkan ada sampah di sungai,” tambah Kak Zamroni.

Sementara itu, beragam kegiatan dilakukan Gudep Surabaya 363-364 dalam rangka Hari Pramuka ke-56. Pagi hari sebelum aksi tebar benih ikan, anggota Pramuka Penggalang gudep ini melakukan ziarah dan tebar bunga di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa Surabaya. Aksi bersih-bersih fasilitas umum juga mereka lakukan beberapa hari sebelumnya. (ron)

Keterangan foto: 532 orang Pramuka Siaga dan Penggalang Gudep 363-364 pangkalan SDN Kaliasin I Surabaya menebar 15.000 benih ikan di Sungai Kalimas, Kamis (10/8/2017)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *