Eco Mobile PJB menyedot perhatian ratusan peserta kegiatan sosialisasi konservasi energi sekolah dasar yang diselenggarakan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kamis (27/7). Pasalnya, terdapat panel surya di bagian atas mobil dan mini theater yang terdapat pada mobil edukasi lingkungan hidup keliling ini dapat memutarkan video edukasi lingkungan hidup dengan energi listrik ramah lingkungan pada peserta kegiatan.

Tak hanya itu, perpustakaan lingkungan hidup pada bagian belakang kendaraan menyuguhkan  berbagai koleksi buku pengetahuan lingkungan hidup kepada mereka yang gemar membaca. Berbagai kegiatan pendukung berhasil menyemarakan kegiatan yang diselenggarakan Kementerian ESDM seperti lomba menggambar poster, lomba pidato, lomba ranking 1 dan pameran lingkungan hidup bertema konservasi energi yang berlangsung di Yayasan Sekolah Islam Al-Azhar Surabaya di Jalan Taman Baskara.

Sebanyak 30 Sekolah Dasar dan 1000 siswa mengikuti kegiatan mulai dari pagi sampai sore hari itu. Selain itu, kegiatan saat itu kedatangan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya Musdiq Ali Suhudi yang mengajak semua peserta yang kebanyakan masih anak-anak untuk membiasakan berhemat energi terutama listrik.

Permainan edukasi ular tangga lingkungan hidup ramai dimainkan para siswa

Kegiatan yang bertajuk Ayo Hemat Energi, Potong 10% Untuk Energi Berkeadilan diselenggarakan di 4 kota lainnya. Menurut Catur Wahyu Prasetyo, Kepala Seksi Kerja Sama Subdit Bimbingan Teknis dan Kerja Sama Direktorat Konservasi Energi  Kementerian ESDM, tujuan acara ini diselenggarakan agar perilaku hemat energi dapat dimulai sejak usia dini. Sebab, menghemat energi adalah satu langka kongkrit untuk menyelamatkan dari pencemaran  lingkungan hidup yang berbahaya bagi kehidupan semua makhluk hidup.

“Energi listrik ramah lingkungan yang dihasilkan dari teknologi panel surya seharusnya wajib diimpletasikan di kehidupan sehari-hari. Karena inovasi tersebut dapat menggantikan pembangkit energi listrik tenaga fosil yang menghasilkan dampak polusi udara,” terang Fery Subagya, aktivis Tunas Hijau.

Di sela-sela pameran banyak sekali peserta yang penasaran bentuk panel surya yang dapat menghasil energi listrik dari pemanfaatan sinar matahari. Karena mereka saat itu mendengarkan presentasi asal mula energi listrik yang menghidupkan telivisi untuk memutarkan video edukasi lingkungan hidup.

Eco Mobile PJB merupakan program dan media edukasi lingkungan hidup keliling. Sebenarnya fasilitas pada mobil seperti mini theater, perpustakaan dan tempat workshop sudah  mewakili cara edukasi yang praktis dan disukai. “Yang suka membaca ada perpustakaan, yang lebih suka belajar dengan melihat dan mendengarkan bisa melalui melihat video di mini theater. Jika ada yang suka dengan membuat atau langsung dengan praktek bisa melalui ikut mini workshop,” terang Bambang Soejodari, aktivis Tunas Hijau. (One)

Keterangan foto utama: Eco Mobile PJB menyemarakkan sosialisasi energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Manusia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *