Program, gerakan dan lomba peduli lingkungan hidup sekolah-sekolah Surabaya Eco School kali pertama diselenggarakan pada tahun 2011. Pada tahun 2017, Surabaya Eco School akan memasuki tahun ketujuh. Berarti sudah enam kali program ini digelar sebelumnya.

Lomba Yel-Yel Lingkungan Hidup yang memadukan lirik lagu, kostum daur ulang, alat musik daur ulang dan gerakan seluruh anggota timnya, selalu menjadi salah satu agenda pelaksanaan Surabaya Eco School.

Penganugerahan 9 orang individu terbaik warga sekolah, yaitu siswa, guru dan kepala sekolah dari masing-masing jenjang pendidikan, selalu mewarnai penyelenggaraan Surabaya Eco School. Bersih-Bersih Pantai Kenjeran pada akhir pekan ketiga September juga menjadi agenda rutin. Sedangkan Lomba Jingle Lingkungan Hidup baru meramaikan Surabaya Eco School sejak pelaksanaan tahun ketiga, yaitu tahun 2013.

Selama enam tahun penyelenggaraan Surabaya Eco School, tahun 2013 dan 2014 menjadi tahun yang terbaik, khususnya dalam penyediaan hadiah dari sponsor. Beragam hadiah buat sekolah-sekolah terbaik diberikan pada dua tahun pelaksanaan itu. Ada instalasi pengolahan air limbah, penampungan air bekas wudhu dan rainwater tank atau tandon penampungan air hujan.

Pada penyelenggaraan tahun 2013 dan 2014 itu, hadiah buat individu terbaik juga terbilang luar biasa. Hadiah tersebut adalah mengunjungi Australia Barat untuk program lingkungan hidup. Walikota Surabaya Tri Rismaharini juga menyediakan hadiah istimewa berupa tabungan masing-masing 5 juta rupiah bagi 9 orang individu individu terbaik Eco Person of the Year 2016.

Sekolah-sekolah terbaik Surabaya Eco School 2016 juga mendapat hadiah ekstra dari Walikota Surabaya. Hadiah yang dimaksud selain hadiah yang sudah menjadi tradisi penyelenggaraan Surabaya Eco School. Hadiah ekstra tersebut adalah sarana dan prasarana sekolah.

Sebagai penyelenggara Surabaya Eco School, Tunas Hijau bersama Pemerintah Kota Surabaya tentu sangat mendambakan Surabaya Eco School 2017 lebih baik daripada 6 tahun penyelenggaraan sebelumnya.

Sampaikan usulanmu terhadap rencana penyelenggaraan Surabaya Eco School 2017. Usulan agar semakin banyak sekolah bergerak peduli lingkungan hidup. Usulan agar semakin banyak individu warga sekolah yang peduli lingkungan hidup dengan aksi-aksi nyata. Usulan terbaik akan mendapatkan hadiah menarik. Batas akhir usulan Sabtu, 15 Juli 2017. (ron)

12 thoughts on “Bagaimana Sebaiknya Surabaya Eco School 2017 Menurutmu??

  1. Sebaiknya ada klasifikasi bagi katagori lomba, yaitu sekolah pemula bagi sekolah yang pertama kali ikut pada tahun ini dan sekolah madya untuk sekolah yang perbah ikut tapi belum pernah juara dan sekolah purna yaitu sekolah yang pernah juara 1-5 sehingga dari ketiga tingkat tersebut kalau juara akan naik level ke jenjang yang lebih tinggi. Sampai menuju sekolah Adiwiyata.

    1. Faktanya, banyak Sekolah Adiwiyata Nasional dan bahkan yang Sekolah Adiwiyata Mandiri bahkan tidak bisa mengolah sampah organiknya. Ekstremnya, banyak Sekolah Adiwiyata Mandiri yang gak pernah bisa panen kompos dan melanjutkan pengelolaan lingkungan hidup di sekolahnya.

  2. Dan kalau bisa semua sekolah SD-SMA/SMK wajib ikut karena ini adalah program dari pemerintah Kota Surabaya. Melalui dinas pendidikan kota Surabaya ajakan ini mungkin lebih efektif, karena program ini sangat sesuai dengan kurikulum yang sudah dijalankan dan akan menjadi tangga menuju sekolah Adiwiyata, disamping itu isu masalah lingkungan adalah isu global yang sedang dihadapi oleh semua Negar yang ada di dunia ini, terutama negara yang sedang berkembang seperti Indonesia.
    Disamping itu kota surabaya adalah kota yang telah menunjukkan kiprahnya dibidang lingkungan.

  3. Assalammualaikum WW.Salam Bumi……Pasti Lestari.Tunas Hijau…..Makin Jaya.
    Surabaya Eco School dari tahun ke tahun semakin besar dampak keberhasilannya.Mulai dari pemilahan sampah,pengolahan sampah,3 R,Konservasi Air sampai Zero Waste.Sekolah sekolah semakin tambah cantik sehingga menambah aura kota Surabaya yang sudah cantik menjadi lebih cantik.Dengan pengetahuan,pembiasaan melalui Eco School para pendidik dapat memberikan pengetahuan,pembiasaan tentang pentingnya menjaga lingkungan.
    Sekolah sekolah yang sudah melaksanakan program Eco School dari awal sudah tidak ada kesulitan dalam melanjutkan kegiatan di tahun 2017,dikarenakan warga sekolahnya sudah terbiasa dengan lingkungan,bahkan para murid SD sudah terbiasa Zero Waste.
    Saya pribadi sangat berharap untuk tahun 2017 ini 100 persen sekolah ikut serta dalam program kegiatan ” Surabay Eco School ” yang dilaksanakan Tunas Hijau bekerja sama dengan Pemerintah kota apapun tema yang akan dilucurkan.
    Sukses Surabaya Eco School 2017.

    1. Mantap. Matur suwun, Bu Sujilah. Seandainya semua kepala sekolah memiliki kepedulian luar biasa seperti Bu Sujilah, maka sungguh indah bumi dan Surabaya ini.

  4. Sudah bagus….memang perlu di jadwal yang jelas sehingga acara tunas hijau tetap tidak bertabrakan dengan jadwal sekolah. Tapi tetap bagus semua acara yang di buat oleh tunas hijau… Penuh tantangan dan kreatifitas.

  5. Warga SDN Kaliasin 1 Surabaya menyambut sangat baik akan diselenggarakannya Surabaya Eco School 2017. Semoga dengan personil yang bertambah menambah kekuatan dan kepedulian lingkungan hidup di sekitar kita.
    Saran dari kami alangkah sebaiknya tantangan tiap pekan sudah dirancang dan dishare di awal. Jadi, kami pihak sekolah juga bisa menyesuaikan dengan kegiatan sekolah lainnya, agar sama-sama berjalan dengan seiring dan sejalan.
    Sukses selalu. Salam bumi, pasti lestari!!!

  6. “Indah, Hijau, dan Bersihnya Bumi Berawal dari Sekolah” Itulah moto Surabaya Eco School yang selalu ada di hati setiap insan pejuang, pecinta, dan pelestari lingkungan yang sejati.
    Tapi sayangnya mengapa masih ada sekolah-sekolah (khususnya ynag berstatus negeri) belum tergerak untuk mengikuti event/program yang dicanangkan Tunas Hijau bekerja sama dengan Pemkot Surabaya dan Diknas Pendidikan Kota Surabaya? Asumsi dan persepsi yang seringkali muncul dari sekolah tersebut adalah: kondisi fisik sekolah yang tidak memadai, kurangnya ketersediaan anggaran yang cukup, SDMnya belum siap, dll. dll.
    Saran kami, untuk memberi semangat dan motivasi bagi sekolah-sekolah yang aktif mengikuti program SES namun belum meraih kejuaraan, tetap diberikan apresiasi penghargaan berupa piala atau piagam, bahwa sekolah tersebut pernah aktif mengikuti program SES. Agar memacu mereka lebih aktif dan giat lagi untuk beraksi lingkungan baik itu saat SES maupun pasca SES. Sehingga moto “Indah, Hijau, dan Bersihnya Bumi Berawal dari Sekolah” Insya Allah akan terwujud disemua sekolah baik negeri maupun swasta se-Surabaya.
    Salam Bumi Pasti Lestari! Tunas Hijau Selalu Ada di Hati!!!

  7. Tentu saja kami dari SMPN 19 siap sedia. Selaku salah satu siswa SMPN 19 Surabaya Eco School harus diterapkan di lingkungan luar maupun di pelosok daerah, karena jika tanpa adanya Surabaya Eco School kita mungkin sudah minim pengetahuan tentang sekitar kita contohnya lingkungan kita.

  8. Surabaya Eco school adalah salah satu aktivator berjalannya program lingkungan hidup di sekolah2 di Surabaya. Alangkah hijau dan bersihnya Surabaya jika seluruh sekolah bisa mengikuti program ses 2017.
    Beberapa saran dari kami, para sekolah pemula di ses yaitu :
    1. diberikannya Apresiasi bagi seluruh sekolah yg aktif mengikuti ses 2017, jadi penghargaan tidak hanya untuk pemenang ses, misal cukup dengan piagam sekolah berbudaya lingkungan versi tunas hijau.
    2. Banyak sekolah yg ingin mengikuti program ses, tapi terhalang restu pimpinan lembaga. Mungkin workshop selanjutnya bisa yg diundang para kepala sekolah terutama SD, jika memungkinkan diundang kadispendik sebagai narasumber
    3. Ada program pembinaan dan Pendampingan yg lebih intensif bagi sekolah2 pemula agar tidak menyerah di tengah program.

    Mohon informasinya dari tunas hijau tentang jam hijau tahun 2016, karena jam hijau ini salah satu motivasi anak-anak untuk aktif di program ses.
    Terima kasih Tunas Hijau

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *