Di jajaran SMA/SMK negeri di Kabupaten Malang, Doni Tri Prasetio sangat mungkin menjadi wakil kepala sekolah termuda. Terlebih wakasek kurikulum. Tugas tambahan yang dibebankan sejak beberapa bulan lalu ini diembankan kepadanya setelah beberapa tahun terakhir cukup berhasil melaksanakan tugas sebagai koordinator lingkungan hidup di SMKN 1 Singosari, Malang.

Bagi Doni Tri Prasetio, yang selama beberapa tahun terakhir tugasnya di SMKN 1 Singosari banyak bertugas sebagai kepala jurusan Teknik Alat Berat, tugas sebagai wakasek kurikulum diharapkan semakin memudahkan dirinya untuk membawa SMKN 1 Singosari menjadi Sekolah Adiwiyata Nasional.

“Tantangannya terlalu berat kalau pengelolaan lingkungan hidup sekolah yang melibatkan warga sekolah hanya dengan ekstra lingkungan hidup. Bila awalnya jumlah anggota ekstra lingkungan hidup banyak, maka sangat sulit untuk mempertahankan jumlah anggotanya agar tetap loyal,” terang Doni.

Doni berencana melibatkan semua ekskul dalam pengelolaan lingkungan hidup di sekolah. “Semua individu warga sekolah menghasilkan sampah di sekolah. Sudah seharusnya semua terlibat dalam pengelolaan sampah. Tidak hanya menjadi tugas anak-anak yang tergabung ekstra lingkungan hidup,” harap Doni yang beberapa kali mendampingi siswa SMKN 1 Singosari mengikuti Kemah Hijau Jawa Timur.

Sementara itu, upaya pelibatan banyak pemangku kepentingan sekolah dalam pengelolaan lingkungan hidup terus dilakukan bersama sekolahnya. Bersama Tunas Hijau, guru-guru yang sebelumnya nampak enggan terlibat dalam pengelolaan lingkungan hidup sekolah diajak mengikuti workshop lingkungan hidup.

“Alhamdulillah wajah guru-guru yang pada pagi harinya nampak tak bersahabat diajak terlibat aktif dalam pengelolaan lingkungan hidup sekolah mulai siang hingga berakhirnya workshop sore hari menjadi sangat kooperatif,” tutur Doni.

Pengelolaan lingkungan hidup di SMKN 1 Singosari, Kabupaten Malang juga menuai prestasi gemilang. Setelah gagal mendapatkan penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional pada 2015, penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional berhasil diraih SMKN 1 Singosari pada akhir 2016. (ron)

One thought on “Doni Tri Prasetio, Koordinator Lingkungan Hidup dan Waka Kurikulum SMKN 1 Singosari Malang

  1. Salut buat bpk. Doni..
    Dengan jabatannya sebagai wakasek kurikulum, pastinya memang ada banyak tugas yang harus dituntaskan. Tetapi bapak ini juga tetap ingin membuat nama sekolah yang disinggahinya menjadi sekolah berpredikat adiwiyata tingkat nasional. Saya sangat mengerti bahwa tugas yang begitu banyak ditambah minimnya guru dan siswa yang peduli lingkungan akan sangat membuat kita kelelahan jika mengerjakannya sendiri. Justru disela sela itulah pak Doni ini juga harus memikirkan cara untuk membagi waktu antara tugas pribadi dan lingkungan, tetapi siapa sangka bahwa diakhir 2016 SMKN 1 Singosari mendapat predikat sebagai Sekolah Adiwiyata Nasional.
    Bangga!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *