Tidak selamanya karya poster siswa SMP selalu kalah dari siswa SMA/SMK. Lomba Poster Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2017 bertema “Menyatu Dengan Alam” yang diselenggarakan oleh Tunas Hijau bersama Pemerintah Kota Surabaya serta Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya menjadi buktinya.

Karya Audy Sesarisma, siswa SMPN 8 Surabaya, terpilih sebagai juara I Lomba Poster yang diselenggarakan di pendopo Taman Flora Bratang Surabaya ini. Dalam posternya ini, Audy menunjukkan bagaimana berinteraksi dengan alam adalah sesuatu yang menggembirakan.

JUARA I LOMBA POSTER HARI LINGKUNGAN HIDUP SEDUNIA – AUDY SESARISMA, siswa SMPN 8 SURABAYA

“Merawat alam adalah kewajiban kita semua. Merawat alam bisa dilakukan dengan tidak merusaknya dan aksi nyata yang bisa memperbaiki alam alam yang rusak. Diantaranya dengan tanam pohon dan mengolah sampah,” kata Audy Sesarisma yang termasuk langganan juara lomba poster ini.

Poster karya Alifiah Putty Agustia, siswa SMAN 20 Surabaya, terpilih sebagai juara II Lomba Poster “Menyatu Dengan Alam” ini. Pada posternya yang berjudul “Lestarikan Lautku, Hijaukan Bumiku”, Alifiah menggambarkan sosok penjaga bumi yang mengenakan pakaian adat Jawa dengan blangkon.

JUARA II – ALIFIAH PUTTY AGUSTIA, siswa SMAN 20 Surabaya

Beragam aksi nyata digambarkan Alifiah pada posternya ini. Ada aksi menanam pohon mangrove yang identik dengan daerah lahan basah atau pasang surut air laut. Ada aksi mengumpulkan sampah non organik khususnya plastik yang bermuara di laut. Ada juga aksi biopori dan peresapan air hujan ke dalam tanah.

Sementara itu, poster karya Agus Irwansyah, siswa SMKN 12 Surabaya, terpilih sebagai juara III. Pada poster yang dibuatnya, Agus menyampaikan pesan bahwa peduli lingkungan hidup harus dilakukan dengan aksi nyata. Tidak hanya harus dilakukan oleh mereka yang tinggal di perkotaan, tetapi juga oleh mereka yang tinggal di pedesaan, dan dimanapun berada.

JUARA III LOMBA POSTER HARI LINGKUNGAN HIDUP SEDUNIA 2017 – AGUS IRWANSYAH, siswa SMKN 12 Surabaya

Beragam aksi nyata yang digambarkan oleh Agus Irwansyah adalah aksi tanam pohon dan aksi menampung air hujan dan meresapkannya ke dalam tanah. Ada juga aksi menyiram tanaman dan merawat taman. “Alam yang Bersih Teman Sejati untuk Bumi Pertiwi” menjadi judul poster yang diangkat Agus. (ron)

Keterangan foto utama: Poster karya Farah Susmita, siswa SMPN 23 Surabaya

2 thoughts on “Pengumuman Pemenang Lomba Poster Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2017

  1. Good Job Guys,,

    SELAMAT untuk para pemenang, semoga dengan aksi nyata ini bisa memberikan kontribusi untuk bumi kita. Ada banyak cara untuk menjadi pegiat lingkungan. Tetap semangat para generasi bangsa generasi peduli lingkungan untuk Satu Indonesia.

    Semoga Tunas Hijau tetap semangat untuk menggelorakan semangat peduli lingkungan dan tetap konsisten dalam menjalankannya. Tetap semangat, Bismillah Pasti BISA

  2. Apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para pemenang lomba poster semoga hal ini bisa memberikan motivasi dan semangat sekaligus media kampanye untuk peduli terhadap lingkungan. Menyatu dengan alam bisa diterapkan sejak dini. Karya kalian akan berkontribusi pada peningkatan kesadaran untuk peduli terhadap lingkungan hidup. Selamat dan terus berkiprah dalam mengkampanyekan lingkungan melalui Poster salah satunya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *