Kesadaran untuk peduli dan melestarikan lingkungan hidup, yang merupakan tujuan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia “Connecting People To Nature” dimaknai dengan berbagai cara di belahan dunia. Seperti 67 orang pelajar SMP dan SMA/SMK se Surabaya yang mengikuti Lomba Poster di Taman Flora Bratang, Minggu (4/6).

Lomba Poster bertema “Menyatu Dengan Alam” ini diselenggarakan Tunas Hijau bersama Pemerintah Kota Surabaya dan Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya. Beragam pemaknaan peserta tentang tema “Menyatu Dengan Alam” terwujud dalam beragam gambar yang mengombinasikan antara hubungan manusia dengan alam sekitarnya.

Mulai dari gambar manusia melakukan upaya pelestarian lingkungan seperti membuang sampah pada tempatnya, menanam pohon, hingga bentuk poster simbolik atau logo. Berbekal peralatan menggambar dan teknik mewarnai diterapkan mulai dari krayon, pensil warna hingga cat minyak.

Menurut Bram Azzaino, aktivis senior Tunas Hijau, lomba poster ini sebagai salah satu upaya mengajak mereka untuk berkontribusi pada lingkungan hidup. “Karya mereka ini menjadi sebuah media komunikasi dengan tujuan mengajak masyarakat lebih peduli dan melestarikan lingkungan hidup melalui pesan yang ada pada setiap posternya. Kami juga akan menggunakannya sebagai media kampanye lingkungan hidup,” ujar Bram.

Dari keenam puluh tujuh poster yang sudah dibuat, sebanyak 15 karya terbaik dipilih dan tiga karya terbaik akan diumumkan sebagai pemenang. Selanjutnya, pemenang akan mendapat hadiah berupa voucher menginap gratis di Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya untuk juara 1 dan juara 2 dan voucher makan gratis untuk juara 3.

“Selain mendapatkan voucher gratis dari Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya, pemenang juga akan mendapatkan tropi dan piagam Walikota Surabaya Tri Rismaharini,” imbuh aktivis senior Tunas Hijau lulusan S1 Teknik Lingkungan ITS ini.

Sementara itu, Agus Irwansyah, siswa SMKN 12 yang sudah menjadi langganan juara lomba poster mengungkapkan bahwa alasannya ikut yang utama bukanlah tertarik pada hadiah. “Saya suka gambar dan ini kontribusi saya dalam pelestarian lingkungan. “Selain melakukan aksi nyata untuk lingkungan lebih baik, pesan di dalam gambar ini yang menjadi media kampanye lingkungan saya ke masyarakat,” ujar Agus Irwansyah.

Ditambahkan oleh Zahirah Salma dan Zahra Fithriyah, dua orang siswa SMKN 1 Surabaya yang juga merupakan saudara kembar ini merasa senang sekali bisa berpartisipasi dalam lomba ini. “Kami senang sekali bisa menyampaikan pesan kami terkait tema untuk menjaga dan melindungi kelestarian lingkungan di Indonesia melalui gambar tersebut. Maka dari itu, kami mengajak masyarakat untuk melakukan upaya menanam pohon,” tutur Zahira. (ryn)

Keterangan foto utama: Peserta Lomba Poster Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2017 menyelesaikan pembuatan poster mereka

2 thoughts on “Lomba Poster Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2017

  1. TUNAS HIJAU memang akan selalu hijau, menghijaukan Surabaya untuk menggelorakan semangat peduli dan berbudaya lingkungan. Aksi ini merupakan wujud aksi nyata kita bagaimana sebuah event bisa mengajak remaja dan pelajar untuk peduli terhadap lingkungan hidup, Memotivasi remaja dan pelajar untuk turut serta dalam aktivitas melestarikan lingkungandan juga menumbuhkan rasa cinta terhadap kebersihan dan keindahan lingkungan.

    Setiap orang punya cara untuk memberikan kontribusi kepada sekitar sesuai dengan bakat dan minat mereka masing-masing, dan Tunas Hijau telah memfasilitasi para remaja dan pelajar yang berbakat di bidang menggambar untuk ikut serta dalam Lompa Poster Lingkungan Hidup ini. Menuangkan setiap goresan warna dalam kertas adalah wujud aksi nyata memberikan yang terbaik untuk lingkungan.

    Semoga Tetap semangat
    Yang Muda, Yang Berkarya
    Yang Muda, Yang Istimewa

  2. Tunas hijau memang,hebat membuat lomba poster bertemakan lingkungan itu juga termasuk upaya melestarikan lingkungan semoga itu juga pelajaran bagi orang yang membacanya….. hidup tunas hijau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *