Kantin dan toilet menjadi salah satu indikator penilaian sekolah yang ramah lingkungan dan sehat. Penilaiannya tidak hanya berhenti pada kelayakan maupun bersih. Namun pencerminan dari partisipasi warga sekolah maupun petugas dalam menggunakan dan merawat fasilitas tersebut. Diantaranya dengan adanya jadwal piket, pemahaman terhadap slogan-slogan lingkungan hidup dan kesadaran merawat.

Puluhan sekolah menengah pertama mendapatkan kesempatan pertama untuk penilaian Lomba Toilet Bersih Dan Kantin Sehat 2017, Selasa (16/5). Kegiatan ini diselenggarakan Dinas Kebersihan Dan Ruang Terbuka Hijau berkerjasama dengan Tunas Hijau. Tak hanya itu, penilaian kali ini melibatkan Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan dan Dinas Lingkungan Hidup.

Sebanyak 10 orang juri terbagi menjadi dua tim untuk menilai seluruh sekolah peserta hari ini. Diantaranya SMPN 16, SMPN 24, SMPN 51, SMPN 34, SMPN 40, SMPN 28, SMPN 36, SMPN 22 dan SMPN 21. Beberapa sekolah yang dikunjungi termasuk deretan sekolah dengan predikat Sekolah Adiwiyata Mandiri. Predikat yang disandang masing-masing sekolah akan ditaruhkan dalam penilaian kali, karena sebenarnya semua sekolah tidak ada pemberitahuan sebelumnya.

Beberapa fakta di lapangan membuat juri kebingungan dan juga terkesima. Seperti di SMPN 51, sekolah yang berada di lokasi Jalan Raya Balas Klumprik No. 125 menghias dinding toiletnya dengan stiker dinding yang mengindahkan toiletnya. “Ada gambar pepohon mirip di taman, menambahkan kecantikan toilet. Ditambah dengan hiasan slogan-slogannya yg mengajak peduli dengan pengolahan sampah dan penghematan air,” ujar Satuman, aktivis senior Tunas Hijau yang ikut serta dalam penjurian.

Namun, disayangkan oleh perwakilan juri dari Dinas Pendidikan Kota Surabaya Juwanto, bahwa kondisinya bagus namun tidak ada tempat sampah. “Khususnya untuk toilet yang diperuntukan untuk wanita. Mohon maaf, misal untuk sampah pembalut agar tidak dibuang di dalam toilet. Selain itu tempat sampah di toilet wajib untuk diberikan tas sampah,” katanya.

Tak hanya toilet, fakta mengenai kantin juga nampak jelas dihadapan juri. Beberapa sekolah memanfaatkan kantin darurat yang sebenarnya tidak ada tempat karena sedang pembangunan sekolah. Menurut Farida, pembina lingkungan hidup SMPN 16, kantin sekolahnya dipindah tempat karena SMPN 16 sedang tahap pembangunan gedung baru. “Kantinnya sekarang berada di samping sekolah untuk sementara,” imbuhnya.

Sementara itu, Yusnia Dwi Anggraini, juri perwakilan dari Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau, menyampaikan bahwa toilet yang bersih dan kantin yang sehat itu terdapat tempat sampah, intensitas cahaya atau penerangan ruangan, ventilasi udara, kebersihan dan terdapat slogan-slogan ajakan peduli lingkungan hidup. “Kalau kantin sehat, selain bersih, harus mampu mengolah sampah dengan mandiri. Ini ditandai dengan adanya penggunaan keranjang komposter,” imbuhnya. (one)

4 thoughts on “Hari Pertama Penjurian Lomba Toilet Bersih Dan Kantin Sehat 2017

  1. Dalam suatu lomba pada hakekatnya adalah ajakan untuk bisa berbuat lebih baik dari kondisi yang kurang baik. Ajakan ini bukan sekedar temporal akan tetapi ajakan yang berkelanjutan untuk hidup bersih dan sehat melalui lomba toilet bersih dan kantin sehat.

    Dinas kebersihan dan ruang terbuka hijau telah melakukan penjurian yang bersifat mendadak dan tanpa pemberitahuan lebih dahulu adalah suatu penjurian yang bersifat ril dan alamiah dari suatu keadaan. Dengan demikian akan nampak apakah hidup bersih dan sehat itu sudah menjadi suatu kebiasaan atau hanya bersifat temporal kalau hanya ada lomba saja. Dengan demikian akan diperoleh suatu penjurian yang positif sesuai dengan fakta lapangan yang ada.

    Harapan saya dengan kegiatan semacam ini warga sekolah menjadi sadar bahwa pendidikan hidup sehat itu sangat penting dan harus dimulai semenjak dini lewat sekolah maupun di rumah, dan warga sekolah mulai dari Kepala Sekolah, guru, karyawan, gardener, siswa, orang tua siswa sadar untuk selalu mendukung kegiatan semacam ini untuk menuju manusia yang sehat baik lahir maupun batin.

  2. Kondisi kamar mandi merupakan cerminan dari penghuninya (rumah), sedangkan kondisi toilet merupakan cerminan dari warganya (sekolah). Salah satu bagian dari rumah maupun sekolah yang bisa dijadikan sebagai acuan penilaian karakter seseorang atau keluarga atau instansi adalah dengan mengamati kondisi kamar mandi atau toiletnya. Ruangan yang sering diabaikan penataan interiornya adalah toilet, padahal disitulah letak salah satu unsur yang memengaruhi nilai dari satu kesatuan karakter seseorang/keluarga/instansi.
    *Jika ingin menilai seseorang, lihatlah bagaimana ia menata kamar tidur atau kamar mandinya*

  3. Saya sangat setuju pendapat ibu Andayani, memang benar kebersihan toilet menggambarkan bagaimana pemiliknya.Tidak hanya di rumah, di sekolah,di kantor, rumah sakit tempat-tempat umum, semuanya tergantung pengelolanya. Sarana prasarana toilet sangat penting,oleh sebab itu mudah-mudahan semua membaca apa yang ditulis aktifis Tunas Hijau yang luar biasa ( Mas Satiman ) ini, dan menerapkan di lembaganya masing-masing.Terima kasih mas Satuman, terima kasih Tunas Hijau dan terima kasih tim penilai toilet.Ilmunya dapat kami tularkan kepada teman-teman yang lainnya.Surabaya Zero Waste…

  4. Lomba Toilet Bersih dan Kantin Sehat adalah suatu kegiatan yang tak mudah untuk bisa berpartisipasi didalamnya. Bukan karena kita MAU tapi MAMPU menunjukkan dan mewujudkan aksi nyata yang berkelanjutan untuk menjaga kesehatan makanan dan minuman yang akan dikonsumsi warga sekolah serta menciptakan toilet yang membuat semua warga sekolah nyaman ketika menggunakannya.

    Kita BISA karena BIASA,,
    Toilet bersih dan kantin sehat bukan suatu impian yang datang sekejap, tapi hanya dengan pembiasaan yang berkelanjutan semua individu disekolah.

    Sukses Selalu Untuk Surabayaku,,
    Toilet Bersih untuk mewujudkan Sekolah yang Berdedikasi
    Kantin Sehat untuk mewujudkan Sekolah yang Semangat
    Mencetak generasi bangsa yang tak lagi peduli diri tetapi juga pada sesama dan lingkungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *