Hari Bumi yang diperingati setiap 22 April menjadi momentum yang pas untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kondisi Bumi. Seperti aksi tanam mangrove yang dilakukan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) Kerohanian Islam Universitas Airlangga bersama Tunas Hijau yang didukung oleh Pemkot Surabaya. Rencananya sebanyak 1000 bibit mangrove akan ditanam pada aksi yang akan digelar pada Sabtu, 22 April 2017 di avoer Wonorejo, sekitar lahan parkir Mangrove Information Center, Wonorejo, Rungkut, Surabaya.

Aksi akan dimulai pukul 06.30 WIB sampai dengan selesai. Menurut Muhammad Abdel Rafi, koordinator aksi, sekolah-sekolah Ecopreneur 2017 diajak ikut serta melakukan penanaman ini. Peserta dari sekolah yang berpartisipasi akan mendapatkan sertifikat peserta dan konsumsi.

Pada aksi ini, bibit mangrove sudah disediakan dari bantuan yang diberikan melalui Dinas Pertanian Kota Surabaya. Peserta dari sekolah diminta membawa sendiri minuman dan makanan atau snack dengan kemasan yang bisa digunakan berulang kali pakai. Tujuannya, tidak ada sampah non organik khususnya kemasan makanan dan minuman yang ditinggalkan di lokasi.

Selain melakukan aksi tanam mangrove, peserta bisa memanfaatkan momentum ini untuk mengenal lebih dekat kondisi terkini dari kawasan konservasi hutan mangrove Wonorejo, Rungkut, Surabaya. “Kawan konservasi hutan mangrove Wonorejo ini dikenal dengan banyaknya burung migran dari belahan bumi lain,” kata Aktivis Senior Tunas Hijau Mochamad Zamroni.

Peserta yang sudah terdaftar diharapkan memakai baju lengan panjang, bertopi serta memakan kacamata hitam untuk mengurangi dampak buruk dari paparan sinar ultraviolet B matahari kawasan pesisir yang tergolong lebih tinggi. “Jangan lupa bersepatu agar terkena tanah liat atau benda tajam tidak tembus ke kaki. Selain itu juga bisa membawa karung agar bisa berburu sampah sekalian bersih-bersih ketika sudah selesai menanam,” ungkal Abdel Rafi, aktivis Tunas Hijau dan UKMKI Universitas Airlangga.

Sementara itu, terdapat 68 jenis dan 100-an spesies mangrove di Indonesia. Indonesia paling lengkap jenis dan spesiesnya. Avicenna lanata dan Rhizophora apiculata merupakan jenis tanaman mangrove yang nantinya akan ditanam. Kedua jenis tanaman tersebut yang mudah dikenali selama ini. Biasanya warga setempat menamainya dengan nama jenis api-api dan tinjang. (one/ron)

3 thoughts on “Peringati Hari Bumi, Ayo Ikut Tanam Mangrove 22 April

  1. Yaaah, sayangnya eksekutif The Asoka Team sudah mengagendakan untuk berkampanye keliing perumahan sekitar sekolah sambil membagi-bagikan bibit cabai kepada warga sekitarnya. juga untuk memperingatii Hari Bumi sedunia. Bersama kita memperingati Hari Bumi dan melestarikan lingkungan di mana pun kita berada dan di belahan bumi mana pun.

  2. dengan adanya kegiatan menanam pohon mangrove dan mengajak seluruh sekolah baik dari SD, SMP, SMA sangat bermanfaat karena mengobarkan semangat untuk peduli lingkungan selain itu juga bermanfaat untuk kesegaran udara dan tempat tinggal makhluk hidup air. siiiiiiipppppp mantap Tunas Hijau

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *