Lebih dari 15 kali dalam sebulan, The Asoka Team (perusahaan siswa wirausaha lingkungan hidup Ecopreneur SMPN 40 Surabaya) rutin mengadakan bazar produk-produk ramah lingkungan serta menyehatkan. Produk-produk yang dijajakan meliputi makanan minuman olahan dari bunga asoka, olahan daur ulang kertas seperti bros dan hiasan lemari pendingin, pupuk kompos dan mesin pencacah sampah daun.

Andayani, komisaris The Asoka Team, mengungkapkan bahwa bazar Ecopreneur setiap waktu istirahat pertama. “Karena pada jam pertama, saat itu uang jajan siswa masih banyak, sehingga peluang untuk membeli produk Ecopreneur masih besar,” katanya, saat pembinaan Ecopreneur oleh Tunas Hijau, Rabu (19/4).

Produk yang paling diburu siswa saat bazar adalah teh asoka. Teh asoka merupakan produk andalan yanh telah menjadi ciri khas SMPN 40 dalam program program Ecopreneur 2017, yang yang diselenggarakan oleh Tunas Hijau bersama Pemerintah Kota Surabaya serta didukung oleh Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya. Berkat gencarnya berjualan, sekolah yang berlokasi di Jalan Bangkingan 1 Surabaya berhasil melipat-gandakan keuntungan.

Kolam pengomposan sampah organik SMPN 40 Surabaya

Terlebih, The Asoka Team memberikan member card kepada semua pelanggannya. Kartu yang dibuat tersebut merupakan salah satu langkah pemasaran tim Ecopreneur. Menurut Jonathan, siswa kelas XI dan juga direktur The Asoka Team, member card  meningkatkan penjualan karena siswa yang beli dengan menggunakan kartu itu akan mendapat potongan atau gratis produk lain.

Satuman, aktivis Tunas Hijau, menurutkan bahwa mengadakan bazar merupakan salah satu aksi yang cocok untuk pekan keenam Ecopreneur. Selain itu, tantangan lain mengadakan aksi trash to cash untuk bantuan kepada masyarakat korban longrosr Ponorogo dan Nganjuk.

“Pada pekan keenam ini, mungkin kalian bisa mengajak partisipasi warga sekolah yang membeli produk tapi tidak dengan uang melainkan dengan menukarkan sampah non organik bernilai ekonomis,” saran Satuman. Saran tersebut direspon baik oleh The Asoka Team.

Andayani, komisaris, mengatakan bahwa saran tersebut akan dicoba direalisasikan pada bazar pada peringatan Hari Kartini dan Hari Bumi. Semua warga sekolah akan bisa berpartisipasi dengan mudah. “Semoga saja mendapatkan respon yang baik dari warga sekolah,” ungkapnya. (one)

3 thoughts on “Beli Produk Ecopreneur Bisa Dengan Tukar Sampah di Bazar The Asoka Team SMPN 40

  1. Produk Teh Asoka The Asoka Team Si Cilung Spenforty ini memang produk unggulan kami, dengan menghitung menit teh asoka yang kami miliki cepat habis. apalagi produk produk yang lain, yaitu sahabat teh asoka yaitu rempeyek asoka.

  2. mengadakan bazar pada saat jam istirahat pertama karena uang jajan para siswa masih banyak sangat lah bermanfaat sekali karena para siswa lebih leluasa membeli produk produk The Asoka Team karena uang jajan mereka masih banyak, bukan hanya itu saja dengan membuat kartu member dengan adanya keuntungan dengan memiliki kartu member/ card juga bermanfaat karena selain para siswa tertarik untuk berlanganan kartu member para siswa pun menjadi giat untuk membeli produk produk The Asoka Team dengan begini keuntungan yang di raih sangat tinggi dan dapat untuk modal Eco preneur. mantap The Asoka Team SMPN 40 sby

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *