Lebah, serangga yang sangat bermanfaat bagi banyak makhluk, terlebih lagi manusia. Mulai dari konsep pembuatan sarangnya yang sangat menginsiprasi, cara lebah mengumpulkan madu, cara lebah berkomunikasi, madu yang memiliki jutaan khasiat, bahkan sengatannya pun saat ini sudah menjadi sebuah terapi, yang disebut dengan terapi sengatan lebah. Hampir semua yang berhubungan dengan lebah adalah manfaat. Tak ada yang sia-sia.

Hewan ini sungguh sangat istimewa, di dalam kitab suci agama Islam, Alquran, bahkan ada satu surat yang bernama Surat Lebah (An Nahl). Di dalam surat tersebut Allah memberikan permisalan yang baik dari tingkah laku lebah untuk dicontoh oleh manusia. Berbeda dengan Surat Semut (An Naml) dan Laba-laba (Al-‘Ankabut), kedua hewan ini menjadi permisalan yang kurang baik dan tidak patut untuk dicontoh. Terutama karena suka sekali menumpuk-tumpuk makanan.

Sayang sekali populasi lebah saat ini semakin hari semakin berkurang dengan drastis. Manusia menjadi ancaman terbesar dari keberlangsungan hidup lebah dibanding makhluk lain. Padahal makhluk yang paling banyak mengambil manfaat dari lebah adalah manusia. Sungguh ironis. Hutan ditebang, pohon sialang ditetak, dan saat ini, sinyal ponsel manusia sangat mengganggu navigasi lebah pada saat terbang.

  1. Lebah madu, yang telah hadir selama sekitar 30 juta tahun, adalah satu-satunya serangga yang memproduksi makanan yang dikonsumsi manusia.
  2. Lebah madu pekerja, yang semuanya betina, memiliki rentang hidup rata-rata 6 – 8 minggu. Semua pekerjaan dalam koloni dilakukan oleh para lebah betina.
  3. Otak lebah madu pekerja, yang berukuran hanya 1 mm kubik, memiliki jaringan neuropile terpadat di antara spesies hewan.
  4. Lebah madu jantan tidak memiliki sengat. Mereka tidak turut serta dalam pekerjaan di koloni, melainkan hanya kawin.
  5. Masa hidup lebah ratu berkisar 2 – 3 tahun dan semata dihabiskan untuk kawin dan bertelur. Lebah ratu bisa bertelur hingga 2.500 butir sehari.
  6. Ratu lebah adalah satu-satunya betina yang berkembang secara seksual dalam koloni lebah, suatu karakteristik unik yang sering dikaitkan dengan diet khusus ratu lebah yaitu royal jelly.
  7. Royal jelly adalah substansi mirip susu yang terbuat dari serbuk sari yang dicerna dan madu, dicampur dengan bahan kimia yang disekresikan dari kelenjar di kepala lebah perawat.
  8. Lebah madu menghasilkan lilin dari kelenjar yang terletak di bawah perut mereka. Lilin ini digunakan oleh lebah untuk membangun tempat madu. Manusia juga menggunakan lilin lebah untuk mempersiapkan obat-obatan, memoles furnitur, dll.
  9. Untuk menghasilkan 500 gram lilin, lebah madu harus mengkonsumsi sekitar 8 sampai 10 kg madu.
  10. Hanya lebah pekerja yang memiliki sengat yang digunakan hanya ketika mereka terancam. Lebah madu hanya dapat menggunakan sengatnya sekali karena setelah itu akan mati. Sekitar 1.100 sengatan lebah madu diperlukan untuk membuat serangan fatal bagi manusia.
  11. Ratu lebah juga memiliki sengat, tapi umumnya tidak pernah menggunakannya karena praktis tidak pernah meninggalkan sarang.
  12. Terlepas dari suhu di luar, lebah madu mampu mempertahankan suhu sarang sekitar 33°C.
  13. Seekor lebah madu mampu mengepakkan sayap dengan kecepatan hingga 11.400 kali per menit. Kepakan sayap ini lantas menghasilkan bunyi dengung lebah seperti yang kita kenal.
  14. Seekor lebah madu dapat terbang dengan kecepatan 23 km/jam. Lebah juga dikenal mampu menjelajah sejauh 10 km untuk mengumpulkan nektar dari bunga.
  15. Sebuah koloni tunggal lebah madu mengumpulkan sekitar 33 kg serbuk sari setiap tahun. Sedangkan seekor lebah madu mengumpulkan rata-rata 0,81 gram madu dalam hidupnya.
  16. Saat mengumpulkan nektar, lebah madu mengunjungi sekitar 50 sampai 100 bunga setiap hari. Hal ini berarti dibutuhkan sekitar 556 lebah pekerja untuk mengunjungi sekitar 2 juta bunga untuk mengumpulkan 0,5 kg madu.
  17. Sebagai salah satu makanan alami yang paling murni dan bergizi, bee pollen mengandung protein, gula, karbohidrat, enzim, mineral, dan vitamin A, B1, B2, B3, B5, CH serta R.
  18. Perbedaan rasa dan warna madu tergantung pada sumber nektar.
  19. Mikroba tidak dapat hidup dalam madu sehingga membuat madu digunakan sebagai obat, terutama untuk luka. Royal jelly juga lazim digunakan sebagai suplemen makanan serta penguat kesuburan.
  20. Meskipun herbivora, beberapa spesies lebah madu dikenal mengkanibal spesies mereka sendiri terutama saat merasa terancam.
  21. Terdapat racun dalam sengatan lebah madu yang bisa memicu nyeri. Beberapa orang diketahui alergi terhadap sengatan lebah madu sehingga bisa memicu reaksi parah.
  22. Terapi sengatan lebah sering digunakan untuk menyembuhkan berbagai masalah seperti arthritis dan neuralgia.

4 thoughts on “Lebah yang Sangat Menginspirasi Manusia

  1. Tidak ada yang bisa menyangkal akan kelebihan dan kehebatan dari lebah. Dengan madu yang dihasilkan, maka madu itulah yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, sehingga banyak diburu oleh manusia, bahkan sekarang mulai dapat diternak.

    Lebahpun sampai menjadi salah satu surat dalam Al Qur’an yaiti surat An Nahl. Ini menunjukkan bahwa lebah mempunyai kelebihan tersendiri, mulai dari sistem koloni lebah dan madu hasil lebah itu sendiri.

    Semoga artikel di atas sanngat bermafaat bagi pembacanya.

  2. Banyak yg kita pelajari dari alam sekitar kita. Belajar dari alam agar lebih bijak dalam menjalani hidup, bismillah…

  3. Belajar bisa dari apapun dan siapapun, mereka yang pandai tidak semata yang ahli dalam pengetahuan. Tapi mereka yang mampu mengambil hikmah dari lingkungan sekitar. Terus berproses menjadi lebih baik.

  4. Tak ada yang sia-sia dimuka bumi ini, semua ada tujuan dan manfaat kenapa diciptakan. Banyak hal yang bisa kita pelajari dalam hidup, tak salah jika perintah pertama kepada manusia adalah IQRO’ = Bacalah.
    Membaca setiap hal yang terjadi dalam keseharian dan menyikapinya dengan sikap yang terbaik. Lebah tidak pernah merusak tempat pijak. Ketika berada di dahan, tidak patah. Dan ketika dia menambatkan diri di dahan, dahan itu tidak rusak dan patah. Artinya, tidak merusak lingkungan hidupnya, padahal dia tidak punya akal.

    Manusia yang katanya punya akal justru berlomba-lomba merusak lingkungan hidupnya sendiri demi keserakahan diri sendiri dan keturunannya. Egoistis tidak memikirkan orang lain menderita nantinya atau tidak. Tentunya sebagai makhluk yang berakal kita malu sama lebah. Semoga lebah bisa menginspirasi kita menjadi individu yang lebih baik untuk menyelamatkan bumi tempat kita berpijak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *