Penganugerahan Pangeran dan Puteri Lingkungan hidup 2017 dan umumnya program lingkungan hidup yang diselenggarakan Tunas Hijau bukan saja soal teori atau pengetahuan yang cukup diketahui. Penganugerahan Pangeran dan Puteri Lingkungan Hidup 2017 adalah aksi nyata dan keteladanan yang dilakukan untuk bisa ditiru banyak orang yang lainnya.

Menyikapi hal itu, pada penganugerahan yang mengharuskan pesertanya membuat proyek lingkungan hidup dan perilaku ramah lingkungan hidup ini, dimunculkan Realisasi Keluarga Hijau sebagai upaya realisasi peserta penganugerahan sebagai duta lingkungan hidup sekolahnya dan keluarganya. Realisasi Keluarga Hijau ini bisa dilakukan mulai Kamis, 6 April 2017.

Realisasi Keluarga Hijau ini tidak hanya sebagai bagian dari tahapan seleksi, melainkan juga akan berdiri sendiri sebagai satu tahapan seleksi mandiri seperti halnya karantina atau pelatihan beberapa yang juga akan dilaksanakan, atau pameran proyek lingkungan hidup yang juga akan dilaksanakan.

Istimewanya lagi, bagi keluarga calon Pangeran dan Puteri Lingkungan Hidup 2017 yang berhasil merealisasikan 10 poin berikut, maka akan ada penghargaan khusus dari Walikota Surabaya Tri Rismaharini bagi keluarga tersebut.

10 poin Realisasi Keluarga Hijau yang dimaksud adalah:

  1. Hemat listrik, diantaranya dengan mengatur penggunaan AC atau penyejuk ruangan pada suhu minimal 23 derajat Celcius, tidur dalam keadaan gelap atau minim pencahayaan, dll.
  2. Hemat air, diantaranya menampung air cucian beras untuk disiramkan pada tanaman;
  3. Upaya pengurangan sampah kemasan produk, diantaranya dengan membeli produk dalam kemasan besar daripada sachet/kecil, dll;
  4. Upaya pengurangan sampah plastik tas belanja, diantaranya dengan menghindari kresek saat belanja dan membawa tas belanja yang bisa digunakan berulang kali;
  5. Pemilahan sampah non organik berdasarkan jenisnya ditindaklanjuti dengan pengolahan secara tuntas. Pengolahan secara tuntas berarti bisa dengan menjualnya/ menyumbangkannya kepada pemulung atau pengepul atau bank sampah terdekat. Diantara jenis sampah non organik adalah sampah kaleng, plastik dan kertas;
  6. Pengomposan sampah organik. Bisa dilakukan dengan menggunakan keranjang takakura, tong komposter aerob, atau lubang resapan biopori;
  7. Konservasi Air atau Bank Air dengan lubang resapan biopori, sumur resapan dan/atau tandon khusus penampungan air hujan;
  8. Pemanfaatan lahan kosong dan/atau sempit dengan pohon pelindung dan/atau sedikitnya tanaman dalam pot;
  9. Kampanye lingkungan hidup keluarga di pusat perbelanjaan;
  10. Promosi aktivitas lingkungan hidup keluarga melalui mesia sosial, sedikitnya sekali dalam sepekan.

Realisasi Keluarga Hijau itu dibuktikan dengan foto dokumentasi dan diunggah pada halaman facebook: https://www.facebook.com/Tunas.Hijau.Indonesia/ dan/atau akun instagram masing-masing dengan tag (tandai) akun intagram @tunashijauid (ron)

8 thoughts on “Realisasi Keluarga Hijau Calon Pangeran dan Puteri Lingkungan Hidup 2017

  1. Inilah kegiatan lingkungan yang melibatkan keluarga. Disini akan nampak apakah keluarga yang bersangkutan menjadi pangput mendukung kegiatan atau tidak.

    Semoga sukses untuk keluarga hijau

  2. Keistimewaan dari penganugerahan pangeran dan puteri lingkungan hidup Tunas Hijau adalah keikutsertaan keluarga dalam merealisasikan dan mendukung kegiatan yang berhubungan dengan lingkungan. Sehingga secara tidak langsung kegiatan pangput sudah melibatkan banyak orang untuk peduli lingkungan. Sukses untuk Tunas Hijau

  3. Keluarga adalah faktor terpenting dalam pembelajaran untuk pembiasaan sikap cinta lingkungan sejak dini. Keikutsertaan keluarga dalam mencetak generasi bangsa yangmempunyai sikap tersebut adalah faktor utama. Begitu pula dengan kegiatan penganugerahan pangeran dan putri Lingkungan. Sebelum mereka menjadi duta lingkungan yang akan menjadi contoh untuk masyarakat, mereka dan keluarga harus bisa menerapkan sikap hijau dan peduli lingkungan dalam kesehariannya, bukan hanya sekedar mengikuti ajang pemilihan saja.

    Tetap semangat buat Tunas Hijau,Sukses selalu.

  4. Duta lingkungan yang diprogramkan oleh Tunas Hijau Indonesia dengan tajuk Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup sangat tepat bagi siswa SD yang sangat produktif. Program tersebut juga sangat bermafaat untuk menanamkan pendidikan karakter bagi siswa usia dini. Mereka tidak hanya dituntut secara teoritis saja melainkan juga mengaplikasikannya dalam kehidupan nyata sehari-hari di sekolah, di rumah, di lingkungan masyarakat sekitarnya. Mereka juga belajar berkreasi, berinovasi, berkarya, bersosialisasi, dan percaya diri. Ditambah dengan melibatkan keluarga dari masing-masing pangeran dan putri lingkungan menjadikan penerapan program lingkungan hidup makin meluas sasarannya.
    Sukses Selalu untuk Tunas Hijau, kami sebagai pendidik siap membantu mewujudkan program-programnya.

  5. Kegiatan ini tidak hanya berpengaruh terhadap peserta, tetapi juga melibatkan semua anggota keluarga dan orang-orang yang berada di sekitar peserta. Salut kepada Tunas Hijau sebagai penggagas kegiatan ini. Semoga semakin banyak manusia-manusia yang peduli terhadap lingkungan sekitarnya.

  6. Keluarga merupakan faktor pembentuk karakter seorang anak. Oleh sebab itu jika pembentukan karakter di dalam keluarga begitu kuat maka sampai anak tumbuh dewasa karakter tersebut akan tetap melekat. Hal yang sama dengan keluarga hijau jika di dalam keluarga finalis pangput 2017 sudah terbentuk untuk mencintai lingkungan hal itu akan berdampak positif di dalam lingkungan keluarga serta lingkungan di sekitar. Sehingga program penerapan lingkungan hidup akan semakin meluas. SALUT Kepada Tunas Hijau sebagai penggagas program lingkungan hidup. Sukses selalu untuk Tunas Hijau.

  7. Saya maulana no urut 01 .dengan proyek HIDROPONIK.Alhamdullilah saya Bbersama keluarga sudah mengerjakan dan sudah menjalan kan keluarga hijau.
    Dengan bimbingan tunas hijau saya dan keluarga saling bekerja sama dalam menjalan kan semua .ilmu yang di beri kan tunas hiaju kepada saya dan keluarga saya sangat bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *