Siapa yang suka memelihara kucing? Binatang yang menggemaskan ini memang banyak yang suka. Ternyata binatang bernama latin Felis catus ini memiliki banyak fakta yang tidak diketahui banyak orang. Berikut ini faktanya:

  1. Dapat merasakan gempa bumi

Kucing bisa mendeteksi gempa lebih baik daripada binatang lain? Kebanyakan kucing akan berperilaku aneh sebelum terjadi gempa di daerah sekitar kucing tersebut. Bagian bawah kaki kucing yang menyerupai bantalan kecil memiliki saraf yang sangat sensitif yang mampu mendeteksi adanya getaran gempa bumi.

  1. Benci aroma jeruk dan lemon

Kucing membenci aroma segar seperti jeruk dan lemon. Kucing bahkan menghindar kalo ada aroma seperti itu muncul di dekat mereka. Selain itu, kucing juga membenci bau parfum.

  1. Mampu memanipulasi

Pernah merasa kucing kamu seperti memohon ketika minta makanan? Ternyata, kucing bisa cepat beradaptasi dengan manusia. Hal itu membuatnya mengerti kalo manusia itu menyayangi dirinya atau tidak. Dengan begitu, kucing akan bisa dengan mudah mengatur vokalnya untuk menciptakan suara memelas ketika hendak meminta makanan atau mencari perhatian dari manusia.

  1. Suka dipuji dan dielus

Memuji lebih bisa diandalkan dalam melatih kucing daripada menghukumnya. Kucing akan lebih menuruti manusia setelah dia diberi pujian dan elusan. Kucing bahkan nggak mengerti sama sekali kalo dihukum. Mereka cenderung lebih ingat dengan pujian dan elusan daripada hukuman.

  1. Kucing terkaya

Ada kucing paling kaya di dunia. Bahkan, kucing bernama Tardar ini dalam jangka waktu setahun udah bisa meraup penghasilan sebesar 200 juta dolar atau setara lebih dari 2 triliun rupiah dengan menjadi internet celebrity. Penghasilan ini bahkan mengalahkan pendapatan pemain bola terkenal Christiano Ronaldo, yang berkisar di angka 524 milyar rupiah.

  1. Nama panggilan berbeda di setiap negara

Siapa sangka ternyata kucing memiliki banyak nama panggilan yang berbeda-beda di berbagai negara. Di Indonesia, suara kucing sering ditulis dengan kata “Meong”. Di Amerika, suara kucing sering ditulis dengan “Meow”. Di negara Inggris, suara kucing ditulis “Miaow”. Dalam bahasa Jepang, sering ditulis dengan kata “Nya”. (ron/dari berbagai sumber)

6 thoughts on “Kucing Dapat Merasakan Gempa Bumi

  1. Hewan-hewan lebih dekat dengan alam daripada kebanyakan manusia. Alam merupakan tempat tinggal para hewan sejak awal mereka ada di bumi. Bahkan bila hewan dijadikan binatang peliharaan dan tinggal di rumah bersama-sama manusia, insting hewan tak berkurang. Mereka masih memiliki koneksi erat dengan alam.

    Seperti yang sudah sering kita saksikan dan hadapi, banyak sekali bencana alam terjadi belakangan ini. Bahkan bisa lebih banyak lagi akibat kerusakan-kerusakan yang dibuat sendiri oleh manusia. Banjir, tanah longsor, gempa bumi, tsunami, badai, topan semuanya memakan banyak korban jiwa dan materi. Pengalaman membuktikan bahwa hewan-hewan dapat mendeteksi dini bencana alam dan membuat mereka selamat dari bencana.

    Kita sebagai manusia dapat memperhatikan hubungan erat antara hewan dengan alam yang nantinyapun akan dapat membantu kita mengurangi resiko dari bencana alam, termasuk kemungkinan menyelamatkan nyawa kita.
    Sudah sejak lama diyakini bahwa jenis-jenis binatang tertentu memiliki kemampuan untuk memprediksi akan datangnya bencana. Ditandai dengan perilaku aneh binatang, sebelum bencana itu datang. Bukan hanya kucing, ternyata sapi juga tidak jauh beda dengan kucing yang mampu mendeteksi gempa bumi.

  2. pemeliharaan kucing ini berbeda dengan kucing yang lainnya karena jenis kucing ini mudah beradaptasi dengan pemiliknya dan lingkungan. kucin ini memliki bulu indah. saya sangat suka dengan kucing ,apalagi kucing yang diatas

  3. Wah….dari kucing saja dapat pelajaran,,,,,, nah ini yang harus kita pelajari
    Ternyata banyak hal yang harus kita ketahui dari kucing, ambil mafaat yang positif dan kita gunakan untuk hal yang positif pula, terutama sebagai pendeteksi gempa. Kalau melihat perilaku kucing yang aneh-aneh maka perlu kita amati lebih dalam, siapa tahu aka terjadi gempa dan kita dapat menghindarinya.

    terus yang paling penting dan jangan di tiru dari kucing adalah …..jangan jadi Kucing Garong !!!!!!!!

  4. Subhanallah, ternyata Kucing dianugerahi kemampuan demikian.
    Perkembangan ilmu pengetahuan, tekhnologi dan komunikasi sudah begitu cepat seiring dengan tantangan zaman namun sebagai manusia yang memiliki sifat ketidaksempurnaan – maka belajar kepada alam adalah sesuatu yang sangat penting. Mulai zaman dahulu manusia menjadikan alam dengan segala isinya sebagai bahan pelajaran untuk dijadikan penambah ilmu pengetahuan. Alam adalah tempat menatap masa depan, tempat segala eksprimen ilmu pengetahuan dan tempat menabur segala kebaikan dan keburukan. Harmoni antara manusia dengan alam terjaga dengan baik sebagaimana hubungan antara alam dengan pencipta-Nya. Tumbuhan, hewan, sungai, lautan, gunung dan sebagainya adalah bagian yang tidak terpisahkan dari manusia. Sebagai suatu sistem yang saling mendukung dan bersinergis satu sama lainnya. Rantai ekosistem dan kelangsungan hidup manusia.

    Alam beserta isinya merupakan bahan pelajaran yang perlu dikembangkan dalam menghadapi bencana terutama dengan hewan. Mengapa? Karena diyakini hewan-hewan khususnya yang ada didaerah rawan bencana akan memberikan respon secara alamiah terhadap bencana berdasarkan naluri dan indera yang dimilikinya dan dengan respon tersebut hewan tersebut akan berupaya menyelamatkan diri. Sama seperti manusia, maka hewan ini juga akan melakukan penyelamatan diri jika terjadi bencana. Respon inilah yang seharusnya menjadi kajian keilmuan guna menambah ilmu pengetahuan manusia terhadap bencana.

    Dengan mempelajari kepekaan, sensitivitas, dan respon alamiah hewan (animal instinct) terhadap bencana maka manusia bisa menjadikannya sebagai kearifan alam sebagai tanda-tanda akan terjadi bencana, bahkan amat sangat mungkin dijadikan sebagai peringatan dini bencana. Sudah saatnya kita mempelajari hal ini guna perbaikan manajemen sebagai bagian dari upaya bersama untuk mensinergiskan penyelenggaraan penanggulangan bencana dikemudian hari terutama yang berkaitan dengan peringatan dini kebencanaan.

  5. waow saya sangat suka kucing biasanya sih kucing ku manja lagi makan meong meong terus.pokok nya seru deh kalau puya kucing

  6. Bahkan nabi MUHAMMAD SAW juga sangat menyayangi hewan yang bernama kucing.Beliau rela menggunting sajadahnya ketika kucing tidur diatas sajadahnya.salah satu sahabat nabi juga ada yang disebut ABU HURAIRAH yang artinya bapaknya kucing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *