Komodo adalah salah satu jenis fauna atau satwa endemik yang berasal dari Indonesia. Hewan ini juga termasuk dalam salah satu keajaiban alam yang dimiliki Indonesia yang sudah banyak dikenal di dunia.
Komodo hidup di Pulau Komodo, Pulau Gili Morang, Pulau Rinca dan Pulau Nusa Kode, yang berada di kawasan Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur (NTT). Jumlah popuilasi di beberapa pulau tersebut tercatat sekitar kurang lebih 5.971 ekor.

Komodo merupakan satu-satunya hewan yang menyandang kata naga di dalam namanya. Ia diberi nama ”The Real Dragon”.

Setelah diteliti, komodo masih termasuk dalam jenis kadal purba raksasa. Setelah penelitian tersebut nama ”komodo dragon” tetap digunakan untuk binatang besar tersebut.
Berikut fakta menarik mengenai binatang langka ini, komodo :
1. Komodo merupakan spesies kadal yang terbesar di dunia, dengan panjang rata-rata berkisar 2 meter hingga 3 meter;

2. Komodo merupakan jenis hewan purbakala;

3. Komodo memiliki lubang telinga tetapi tidak mempunyai indera pendengaran.

4. Komodo menggunakan lidahnya untuk mencium dan mendeteksi.

5. Komodo merupakan jenis kadal yang menduduki posisi predator yang berada di puncak serta mendominasi ekosistem pada tempat hidupnya.

6. Komodo merupakan hewan yang hanya bisa ditemui di kawasan Taman Nasional Komodo.

7. Komodo merupakan binatang yang memangsa langsung hewan buruannya tanpa mengunyahnya seperti ular. Binatang ini cukup makan satu kali dalam sebulan.

8. Setelah kekenyangan makan, komodo akan menyeret tubuhnya untuk mencari sinar matahari yang berfungsi mempercepat proses pencernaannya.

9. Hewan ini di Indonesia tetap dibiarkan hidup sesuai kehidupan aslinya, yakni berburu sendiri tanpa dibantu oleh manusia. Komodo memangsa kerbau, kijang, monyet, kuda dan sebagainya. Sedangkan komodo yang masih kecil memakan serangga.

10. Komodo dewasa memiliki berat berkisar antara 70 kg (di alam bebas), sekitar 166 kg (di penangkaran). Berat badan tersebut belum termasuk berat makanan yang sedang dicerna di dalam tubuhnya.

11. Panjang ekor hewan ini sama dengan panjang tubuhnya. Memiliki sekitar kurang lebih 60 buah gigi yang tajam bergerigi dengan panjang sekitar 2,5 cm.

12. Air liur menjadi senjata utama Komodo, karena mengandung bakteri yang sangat banyak serta berbahaya. Hanya dengan menggigit mangsanya, dalam beberapa minggu kemudian mangsa yang telah digigit tersebut akan lumpuh yang kemudian akan dimangsanya. Terdapat 7 saluran bisa di dalam gusinya. Racun dalam gusi tersebut yang dapat membunuh dan bukan karena banyaknya bakteri dalam air liurnya.

13. Usia binatang raksasa ini dapat mencapai 50 tahunan.

14. Komodo menjadi binatang yang hampir punah karena populasi betina jauh lebih kecil dibandingkan jantan, dengan perbandingan betina 1 dan jantan 3.

15. Komodo termasuk binatang soliter, namun jika salah satu mendapat mangsa maka yang lain akan datang dan memperebutkan mangsa tersebut.

16. Komodo yang memiliki ukuran terbesar dalam kumpulan biasanya akan makan paling dulu.

17. Komodo dewasa dapat berlari dengan cepat terutama saat ingin memangsa buruannya, kecepatan hingga 18-20 km/jam.

18. Masa kawin komodo antara Juli dan Agustus. Pejantan biasanya lebih agresif dan sering berkelahi karena satu betina diperebutkan tiga pejantan. Hanya pada saat masa kawin inilah mereka dapat berdiri di atas 2 kaki belakangnya.

19. Betina akan bertelur 1 bulan setelah kawin. Jumlah telur antara 15 hingga 30 butir. Telur tersebut akan disembunyikan dalam satu lubang yang memiliki kedalaman hingga 2 meter. Agar terhindar dari predator lain sang induk membuat 2 lubang palsu.

20. Komodo betina biasanya menunggu telurnya selama 3 bulan saja, lalu ditinggalkan. Jika sudah 9 bulan dikubur, anak-anak komodo akan lahir. Tingkat kelahiran mencapai kurang lebih 85%, nemun tingkat hidup sekitar 10% hingga 15%. Tergantung seleksi alam.

21. Keajaiban lain yang dimiliki komodo ialah mampu bertelur tanpa dibuahi pejantan, biasanya kelahiran tersebut menghasilkan komodo-komodo jantan. Hal ini dianggap sebagai salah satu keajaiban dalam menghindari kepunahannya.

22. Komodo memiliki penciuman yang sangat kuat. Penciuman menjadi salah satu kekuatan dan titik kelemahannya. (roni dari berbagai sumber)

4 thoughts on “Fakta Menarik Komodo

  1. WOW ternyata banyak hal yang tentang komodo yang kita tidak pernah kita tau sebelumnya.
    Binatang ini adalah kadal terbesar yang hidup di bumi, komodo juga merupakan satwa langka dunia dan juga merupakan kebanggaan Indonesia.

    Semoga keberadaan mereka yang hanya ada di Indonesia, membuat kita semua mampu untuk melestarikan dan menjaganya. Karena komodo merupakan warisan budaya yang harus kita jaga dengan baik.

  2. Komodo merupakan hewan khas Indonesia mempunyai spusifikasi yang unik dan tidak dimiliki oleh hewan lain sebagaimana di jelaskan di atas yaitu meskipun tanpa dibuhai oleh pejantan bisa bertelur. Amazing… Baru kali ini baca artikel spesial tentang Komodo, dari sini pula perpustakaan online sepertinya.

    Dengan tampilnya web ini semakin kaya pengetahuan, apalagi tentang hal-hal yang unik yang jarang di ungkap oleh media lainnya. Dengan demikian wawasan jelas semakin bertambah.

    Komodo juga keunikan yang dimiliki bukan hanya oleh Indonesia tetapi juga oleh dunia, dari sinilah banyak para ilmuwan yang mengadakan penelitian tentang Komoda, bahkan Komodo menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan baik domistik maupun mancanegara yang imbasnya Indonesia dikenal oleh dunia karena keberadaan Komodo dan akhirnya menghasilkan devisa yang dapat digunakan untuk pengembangan habitat Komoda dan cara pelestariaanya.

  3. Komodo merupakan hewan khas Indonesia mempunyai spusifikasi yang unik dan tidak dimiliki oleh hewan lain sebagaimana di jelaskan di atas yaitu meskipun tanpa dibuhai oleh pejantan bisa bertelur. Amazing… Baru kali ini baca artikel spesial tentang Komodo, dari sini pula perpustakaan online sepertinya.

    Dengan tampilnya web ini semakin kaya pengetahuan, apalagi tentang hal-hal yang unik yang jarang di ungkap oleh media lainnya. Dengan demikian wawasan jelas semakin bertambah.

    Komodo juga keunikan yang dimiliki bukan hanya oleh Indonesia tetapi juga oleh dunia, dari sinilah banyak para ilmuwan yang mengadakan penelitian tentang Komoda, bahkan Komodo menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan baik domistik maupun mancanegara yang imbasnya Indonesia dikenal oleh dunia karena keberadaan Komodo dan akhirnya menghasilkan devisa yang dapat digunakan untuk pengembangan habitat Komodo8 dan cara pelestariaanya.

  4. Kalau membaca artikel ini tidak cukup sekali, dua kali…… kenapa demikian ? ya karena menarik dan unik binatang yang satu ini, adanya hanya di Indonesia, itupun hanya da di Pulau Komodo. tidak semua aerah Indonesaia ada Komodo. Kerena keunikkannya inilah para peneliti hewan langka sangat tertarik, bahkan orang awampun banyak yang tertarik dan ingin berdekat ria dengan hewan yang satu ini, padahal hewan ini adlah hewan karnivora dan sangat berbahaya bagi yang mau coba-coba dengan hewan yang satu ini.

    Inilah mengapa saya samapai membaca berulang-ulang untuk memahami keunikkan yang dimiliki oleh Komodo ini. Memang spesial untuk hewan yang menjadi salah satu keajaiban dunia ini. Melihat bentuknya, struktur tubuhnya, lidahnya yang menjulur-njulur dan mendesis, gerakannya yang khas dan sisiknya yang luar biasa, sekan-akan menunukkan hewan yang hidup ratusan tahun di masa silam..

    Kalau melihat sekilas memang kegarangan hewan ini sudah nampak, dengan 4 kakinya yang kokoh dan cakarnya tajam , seakan-akan siap memangsa apa saja yang ada didepannya. Ya……Komodo, meskipun garang tetap sangat penting untuk melestarikannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *