Gerakan sekolah berbudaya lingkungan hidup yang melibatkan sekolah se-Surabaya, Surabaya Eco School 2016 telah berakhir. Program yang diselenggarakan oleh Tunas Hijau bersama Pemerintah Kota Surabaya ini tidak hanya menobatkan 5 sekolah terbaik tiap jenjang pendidikan. Ada juga penghargaan bagi 3 siswa terbaik, 3 guru terbaik dan 3 kepala sekolah terbaik.

Rafif  ‘Alim Rizqullah, siswa kader lingkungan hidup kelas 11 SMAN 16 Surabaya, terpilih mendapatkan penghargaan sebagai Eco Student (Senior) of the Year 2016. Dia berhak mendapatkan hadiah berupa voucher menginap Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya. Dia juga mendapatkan hadiah dari Walikota Surabaya Tri Rismaharini berupa tropi, piagam dan tabungan senilai lima juta rupiah.

Bagi Rafif ‘Alim Rizqullah yang lahir di Malang pada 17 Maret 2000, menjadi kader lingkungan hidup sekolah berarti harus aktif terlibat dalam pengelolaan lingkungan hidup di sekolah. “Kita harus aktif dalam mewujudkan sekolah berbudaya lingkungan hidup,” ujar Rafif.

Pada pelaksanaan Surabaya Eco School 2016, yang khas dengan challenge atau tantangan tiap pekannya, Rafif mengaku seringkali keteteran dalam membagi waktu. “Sebagai kader lingkungan, kita dituntut pandai membagi waktu dengan studi sebagai siswa SMA. Tapi, disinilah letak tantangan yang sebenarnya, bagaimana kita bisa tetap menjunjung tinggi pola hidup peduli lingkungan di tengah kesibukan sehari hari,” terang Rafif yang tinggal di Perum ITS blok F no 1A Surabaya ini.

Program lingkungan hidup yang terlaksana di SMAN 16 selama Surabaya Eco School 2016 lebih banyak dari tahun sebelumnya. “Pada SES 2016, kami bisa merealisasikan pengomposan, pembibitan lidah buaya, pengolahan air wudhu dan AC, realisasi prinsip 3R dalam pengolahan sampah plastik dan kertas, serta sosialisasi peduli lingkungan secara aktif melalui berbagai macam media,” jelas Rafif.

Sementara itu, Nizar Muflih, siswa kader lingkungan hidup SMAN 16 Surabaya, menilai bahwa Rafif  ialah sosok siswa yang kerjanya bagus. “Sebagai kader lingkungan hidup SGGS SMAN 16 Surabaya, Rafif selalu ada saat dibutuhkan. Rafif giat kerjanya untuk lingkungan hidup,” kata Nizar Muflih, yang juga peraih penghargaan Siswa Terbaik Ecopreneur 2016 SMA/SMK. (ron)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *