Peserta Lomba Poster Sungai Kalimas Realisasikan Mimpi Melalui Gambar

SURABAYA – Lomba poster “Sungai Kalimas Impian” yang digelar Tunas Hijau bersama simpatisan lingkungan Brawijaya di Taman Prestasi mengundang berbagai respon dari peserta lomba, Minggu (21/07). Berbagai impian diungkapkan oleh peserta lomba poster kepada Nyimas Salsabilla, finalis Puteri Lingkungan Hidup 2009.

Salah satunya seperti yang disampaikan oleh Rebecca Mariana, pelajar SMPN 16 ini mengungkapkan bahwa dirinya menginginkan sungai Kalimas di masa depan menjadi semakin bersih dan banyak pohon. “Saya ingin di masa depan nanti sungai Kalimas ini semakin bersih terhadap sampah dan menjadi wisata air bagi warga Surabaya,” ucap Rebecca.

Tidak hanya Rebecca Mariana saja, hal yang sama diungkapkan oleh Fatiah Fairuzah, pelajar Sekolah Alam Insan Mulia (SAIM) ini menginginkan agar sungai Kalimas bisa menjadi wisata air bagi warga Surabaya. “Saya ingin di masa depan sungai Kalimas bisa menjadi bersih, jernih sehingga bisa menjadi  wisata air di Surabaya.

Peserta lomba poster ini merealisasikan impiannya terhadap sungai Kalimas melalui sebuah gambar poster yang memiliki pesan lingkungan

Peserta lomba poster ini merealisasikan impiannya terhadap sungai Kalimas melalui sebuah gambar poster yang memiliki pesan lingkungan

Masyarakat bisa menikmati indahnya sungai Kalimas dengan naik perahu,” ucap fatiah Fairuzah, pelajar kelas 9 ini. Lebih lanjut, Fatiah menambahkan bahwa saat ini memang sudah ada wisata air dengan perahu, tetapi hanya untuk berkeliling saja, tidak untuk dinikmati karena sungai Kalimas masih belum jernih.

Tanggapan lain disampaikan oleh peserta lomba dari SMPN 20, Dicky Bayu Sadewa. Menurut Dicky seharusnya sungai Kalimas bisa menjadi bersih dan jernih seperti cerita nenek moyang beberapa tahun yang lalu. “Maka dari itu, saya kepingin sungai Kalimas bisa menjadi jernih seperti dulu kala, dimana tidak ada sampah yang dibuang di sungai ini.

DI masa depan saya juga kepingin sungai Kalimas ini menjadi obyek wisata air warga Surabaya dengan wahana air seperti banana boat dan perahu,” terang Dicky Bayu Sadewa. Harapan pelajar tersebut sesuai dengan apa yang dituangkannya dalam gambar posternya.

10 karya poster terbaik dalam lomba poster sungai Kalimas Impian yang digelar Tunas Hijau

10 karya poster terbaik dalam lomba poster sungai Kalimas Impian yang digelar Tunas Hijau

Hal berbeda diungkapkan oleh Agus Irwansyah, pelajar SMPN 23 ini dengan menyampaikan pesan “Mungkinkah Impian Kita Terwujud?” kepada Tunas Hijau. Menurut pelajar kelas 9 ini, sungai Kalimas dulunya pernah menjadi transportasi air dengan menggunakan kapal.

“Saya jadi kepingin di masa depan sungai Kalimas ini bisa kembali menjadi sarana transportasi air yang bebas sampah, airnya jernih dan banyak ikannya. Tidak hanya itu, saya juga berharap agar sungai Kalimas ini nantinya bisa digunakan masyarakat Surabaya untuk berenang,” ucap Agus Irwansyah kepada Tunas Hijau sambil meneruskan posternya.

Sementara itu, senada dengan tanggapan peserta lomba, Satuman, aktivis Tunas Hijau menjelaskan bahwa tujuan digelarnya lomba poster Kalimas ini adalah ingin menangkap ide dari pelajar-pelajar tentang impian mereka di masa depan tentang Kalimas.

“Lomba ini bisa menjadi salah satu alat mengkampanyekan kondisi sungai Kalimas sekarang. Maka dari itu perlu adanya upaya nyata merealisasikan mimpi dari pelajar ini. salah satunya mengajak mereka untuk melakukan bersih-bersih Kalimas atau hanya sekedar kampanye lingkungan hidup tentang sungai Kalimas,” terang Satuman. Lebih lanjut, hasil poster peserta lomba akan dijadikan media kampanye lingkungan Kalimas ini. (ryan)