Lomba Kebersihan dan Keindahan Kelas SMA Negeri 11 Surabaya

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2009 di SMA Negeri 11 Surabaya terlihat lebih semarak dengan hadirnya empat pemuda simpatisan Tunas Hijau dari empat negara. Keempat pemuda tersebut adalah Curtis Deschambault dari Kanada, Pippin Barry dari Australia, Pasquelle van der Jagt dari Belanda dan Mandy Lim Pei Mun dari Malaysia. Kehadiran empat pemuda itu ternyata mampu menambah semangat siswa kelas 1 dan kelas 2 SMA Negeri 11 Surabaya yang sedang berlomba-lomba membersihkan kelasnya masing-masing.

Lomba kebersihan tersebut dimulai pukul 09.00 wib dan diikuti oleh semua kelas 1 dan 2. Kecuali kelas 3 yang tidak ikut karena mereka sudah tidak aktif sekolah lagi. Koordinator dari pelaksanaan kegiatan ini adalah Tim Hijau SMA Negeri 11 Surabaya yang merupakan kumpulan siswa yang peduli terhadap kondisi lingkungan SMA Negeri 11 Surabaya.

Pelaksaanaan lomba kebersihan kali ini terasa lebih unik karena setiap juri yang mengunjungi kelas, siswa kelas tersebut sudah menyiapkan yel-yel kebersihan. Yel-yel ini untuk menyambut datangnya tim juri. Alhasil ketika tim juri masuk puluhan siswa yang sudah menunggu bersorak dan menampilkan yel-yel mereka. Hal ini cukup memberikan semangat tambahan bagi tim juri yang terdiri dari empat simpatisan Tunas Hijau dari luar negeri dan beberapa perwakilan guru.

Jumlah kelas yang dinilai adalah 16 ruang kelas. Setiap kelas yang dinilai memiliki nama yang berbeda-beda.  Contohnya, ada beberapa kelas yang bernama, geography room, religion room, dll. Tiap kelas mengusung tema yang berbeda-beda. Ada yang mengangkat tema tentang ozon. Ada juga yang mengangkat tema tentang pohon, dan masih banyak lagi teman lainnya. Setiap kelas diharuskan menampilkan performa. Bukan hanya yel-yel, namun ada juga beberapa kelas yang menampilkan drama tentang lingkungan hidup.

Lomba kebersihan yang digelar SMA Negeri 11 Surabaya sebenarnya tidak memperebutkan hadiah mahal untuk para juara. Hal ini dikarenakan dana mereka yang minim. Namun, kondisi ini tidak menjadi hambatan bagi para siswa, karena mereka sangat menikmatinya. Menurut beberapa siswa yang mengikuti, kegiatan ini sangat menarik dan dapat menimbulkan rasa kecintaan siswa terhadap lingkungan hidup sekitar.

Menurut salah satu guru SMA Negeri 11 Surabaya Puji, program ini dapat membangun serta menyadarkan siswa pada pentingnya lingkungan hidup bagi kita. Tidak hanya itu, menurut guru matematika tersebut, program ini sangat positif karena dapat mempererat persaudaraan dan kebersamaan antar siswa. “Terutama rasa kepedulian mereka terhadap kondisi lingkungan hidup sekitar khususnya di SMA Negeri 11 Surabaya,” kata Puji.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>